Pixel Code jatimnow.com

Psywar Gangster Teridentifikasi di 37 Akun Media Sosial

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan. (Foto: Dok. jatimnow.com)
Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan. (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebanyak 37 akun media sosial (Medsos) teridentifikasi sebagai ruang komunikasi para anggota gangster di Surabaya.

Data tersebut diketahui setelah Polrestabes Surabaya melakukan patroli ciber di beberapa Medsos yang kerap diduga sebagai psywar para gangster.

"Kita sudah mengindentifikasi 37 akun yang sering memposting tentang prilaku aksi geng-gengan dan menjadi ruang komunikasi para member (follower)," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan, Selasa (6/12/2022).

Selain puluhan akun terduga gangster tersebut, pihaknya juga tengah men-tracing member-member atau para followernya baik yang menggunakan akun anonim maupun lainnya dengan berkordinasi bersama Subdit Siber Ditreskrimsus.

Baca juga:
Mencekam! Gerombolan Remaja Serang Warung di Keputih Surabaya

"Pernyataan, siapa member itu kembali pada karakter digital anonimius dan boderless. Artinya, dia bisa bersifat anonim belum tentu nama yang disebut adalah orangnya dan keberadaannya dimana. Ini karakter digital," ungkap Yusep.

"Kita juga melakukan sentifik investigasi, untuk mengetahui face recognation tentang muka dan sebagainya," imbuhnya.

Baca juga:
Lagi, Gangster Pelajar di Surabaya Diamankan, Celurit hingga Samurai Disita

Pengidentifikasian tak berhenti di situ, mantan Direskrimsus Polda Jatim ini juga mengintruksikan Satlantas Polrestabes Surabaya untuk mengidentifikasi nomor kendaraan para gangster yang beredar dalam konten-konten yang meresahkan tersebut.

"Saya juga sudah meminta Kasatlantas untuk mengindetifikasi plat nomor motor yang digunakan mereka, kedepannya untuk dilakukan pemanggilan," tegasnya.