Pixel Code jatimnow.com

Begini Cara PKS Jatim Lestarikan Tradisi Keilmuan Ulama

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan (Foto: Humas PKS Jatim)
Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan (Foto: Humas PKS Jatim)

jatimnow.com - PKS Jatim menggelar lomba baca kitab kuning (LBKK). Even ini disebut PKS sebagai upaya melestarikan tradisi keilmuan di masyarakat khususnya untuk santri-santri muda.

"Lomba baca kitab kuning ini kita selenggarakan sebagai bagian dari upaya untuk melestarikan tradisi keilmuan para ulama yang kini diteruskan oleh para santri. Ini bentuk kecintaan kami pada ulama yang dulu memperjuangkan negeri ini,” ujar Irwan, dalam siaran pers, Rabu (7/12/2022).

Irwan mengatakan, LBKK juga digelar sebagai wujud PKS untuk menjaga aqidah ahlussunah wal jama’ah, dan menjaga NKRI berdasarkan Pancasila.

Baca juga:
Gelar Silaturahmi Akbar, DPD PKS Sidoarjo Siap Gaspol Songsong 2024

"Ini sejalan dengan garis perjuangan PKS yang memperjuangkan kerakyatan, keumatan, dan pengokohan nasionalisme Indonesia," imbuh dia.

Irwan membeberkan secara nasional, Jawa Timur mengirimkan peserta LBKK terbanyak tahun ini. Sebanyak 493 orang santri muda yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Baca juga:
Politik Silaturahim ala PKS Jatim, Apa Itu?

Ke-493 peserta ini kemudian berlomba di tingkat daerah. Para pemenangnya, juara 1 hingga 3 berlanjut di tingkat Jawa Timur pada hari ini. Lalu, pemenang juara 1 di tingkat Jawa Timur akan bersaing dengan seluruh pemenang dari semua provinsi di Indonesia.