Pixel Code jatimnow.com

Puluhan Investor SBT Polisikan Pengasuh Ponpes di Kediri

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Yanuar Dedy
Peni (tengah) bersama para investor Sugih Berkah Trade (SBT). (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Peni (tengah) bersama para investor Sugih Berkah Trade (SBT). (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Puluhan investor Sugih Berkah Trade (SBT) akhirnya melaporkan IU, pengasuh Pondok Pesantren Bani Ridwan, di Desa Bakalan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri ke polisi Kamis (8/12/2022). Mereka datang ke SPKT Polres Kediri Kota dengan membawa sejumlah bukti, seperti chat, surat kontrak hingga bukti transfer.

Sekitar 40 investor ini mengaku kecewa karena profit yang dijanjikan oleh IU sebagai koordinator SBT tersebut belum juga cair. Tagline aman modalnya, nyata hasilnya yang sempat digembor-gemborkan oleh IU, nyatanya para investor juga kesulitan untuk meminta modal mereka kembali.

Salah satu korban, Peni Hediyati mengaku kecewa karena modal awal yang dimintanya tak kunjung diberikan. Bahkan profit 10 persen yang dijanjikan IU setiap bulannya macet hingga 9 bulan per Desember ini.

"Saya mau melaporkan koordinator karena ada penipuan berkedok investasi trading. Saya pribadi total kerugian Rp125 juta. Jadi di sini saya mau minta modal saya kembali karena mereka menjanjikan modalnya aman. Tapi ketika saya meminta modalnya kembali ternyata zonk," kata Peni.

Peni bergabung ke SBT sejak Oktober lalu dengan menanamkan moda awal Rp125 juta. Dia baru menerima profit 6 kali atau 6 bulan. Artinya dia baru menerima Rp75 juta. Jika modal itu tidak kembali, Peni mengalami kerugian mencapai Rp50 juta.

"Saya sudah menikmati profit sebanyak 6 kali atau 6 bulan, lalu saya mau minta modal saya tidak diberikan hingga saat ini, sudah 8 bulan saya minta. Kalau macetnya, sama bulan ini ya 9 bulan berarti, sejak April," tambah Peni.

Baca juga:
Menantu Dipenjara, Mertua Kabur Entah Kemana

Korban lain asal Kediri agus, bahkan lebih nahas lagi. Bergabung awal Maret 2022 dengan modal awal Rp90 juta, Agus belum pernah menerima profit sama sekali. Modal yang ia setorkan pun lenyap.

"Saya belum profit sama sekali," terang Agus.

Sebelumnya, puluhan investor ini juga mendatangi IU di Pondok Pesantren Bani Ridwan, di Desa Bakalan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Namun pertemuan Minggu (19/11/2022) malam itu tak membuahkan hasil apapun.

Baca juga:
Aset Penjual Pentol Surabaya jadi Barang Bukti Polsek Kenjeran, Kenapa Sih?

IU hanya berjanji akan berupaya untuk bisa memaksimalkan potensi-potensi yang ada dan mengembalikan aset member atau investor.

Dalam bisnis ini, IU adalah sosok yang bertugas untuk mencarikan member di Kediri. Sementara Komisaris Investasi SBT ada sosok JI.

Sementara itu belum ada keterangan dari pihak kepolisian soal laporan para investor SBT ini.