Pixel Code jatimnow.com

Rektor Universitas Ciputra Validasi Produk di Launching Day WMK 2022

Editor : Zaki Zubaidi
Rektor Universitas Ciputra, Ir. Yohanes Somawijaya, M.Sc. (Foto: Suryadi for jatimnow.com)
Rektor Universitas Ciputra, Ir. Yohanes Somawijaya, M.Sc. (Foto: Suryadi for jatimnow.com)

jatimnow.com - Rektor Universitas Ciputra, Ir. Yohanes Somawijaya, M.Sc melakukan validasi terhadap produk-produk bisnis yang dipamerkan peserta saat pembukaan Launching Day WMK UC 2022. Kegiatan ini digelar di Ciputra World Surabaya pada Kamis 8 Desember 2022.

"Launching Day dirancang sebagai validasi tahap akhir sekaligus peluncuran entitas bisnis yang dihasilkan mahasiswa WMK UC," kata Yohanes Somawijaya dalam siaran pers, Kamis (8/12/2022).

Ditambahkan, ini sebagai kelanjutan dari validasi produk tahap pertama yang dilakukan selama Demo Day, dengan menerapkan perbaikan sesuai dengan masukan dari para konsumen.

Proses validasi tersebut dirancang dengan melibatkan publik audience yang lebih luas, sehingga pelaksanaan kegiatan diberlangsungkan di pusat perbelanjaan, sebagai pesan terhadap para peserta WMK UC untuk bersiap dan sudah saatnya berjumpa dengan pasar.

Pada tahap Launching Day, terdapat 124 tim bisnis yang mendapat pendanaan masing-masing 1,5 juta untuk optimalisasi pengembangan bisnis dan produk.

Selain itu, peserta Launching Day WMK UC akan membuat video profil bisnis yang akan diunggah di sosial media, sebagai bagaian dari upaya untuk promosi produk sekaligus untuk memperebutkan 10 video profil bisnis terbaik yang akan memperoleh dana pengganti pembuatan video sebesar 1 juta untuk masing-masing pemenang.

Dalam proses validasi tersebut, Rektor Universitas Ciputra menguji beberapa produk yang dihasilkan mahasiswa peserta WMK UC 2022 secara langsung sambil melakukan diskusi mengenai produk tersebut, kendala dalam pengembangan bisnis, hingga beberapa masukan untuk pengembangan bisnis yang sudah ada.

Baca juga:
Alat Filterisasi Air Bersih dari Mahasiswa UC untuk Warga Lebak Arum Surabaya

Hadir mendampingi Rektor Universitas Ciputra, Laurensia Maureen Nuradhi, S.T., M.M. sebagai WMK UC 2022 Curriculum Designer dan Johan Hasan, S.Kom., M.Hum. selaku Dekan School Of Entrepreneurship and Humanities, untuk bersama-sama melakukan validasi produk sekaligus melakukan evaluasi dan penyempurnaan desain kurikulum program Wirausaha Merdeka Universitas Ciputra.

Sebagai informasi tambahan, Universitas Ciputra bersama 17 perguruan tinggi di Indonesia melaksanakan program hibah Wirausaha Merdeka yang diikuti 610 mahasiswa dari 61 perguruan tinggi di Indonesia, melibatkan 25 narasumber tamu, 61 fasilitator, dan 61 dosen pendamping lapangan.

Program Wirausaha Merdeka Universitas Ciputra bergulir sejak 5 September 2022 dan hingga 9 Desember 2022, dengan konsep program berbasis real entrepreneurship project. WMK UC mengusung tema besar "Become Entrepreneurs to Build Sustainable Business".

Tema tersebut merupakan upaya untuk menjawab tantangan SDGs (sustainable development goals), sehingga bisnis besutan mahasiswa WMK UC wajib mengintegrasikan SDGs. Proses panjang dalam pelaksanaan program WMK UC telah membuahkan hasil berupa 236 entitas bisnis, yang 66 entitas di antaranya akan mengikuti Launching Day secara langsung.

Baca juga:
Diet Plastik Ala Mahasiswa Jadi Terobosan Baru Warga Sekardangan, Sidoarjo

Hasil tersebut diperoleh melalui proses eksplorasi peluang pada tahap awal, dilanjutkan dengan pengembangn model bisnis dan prototype pada tahap berikutnya, dan diakhiri dengan tahap validasi untuk memperoleh feedback dari publik terhadap prototype dan model bisnis yang sudah dikembangkan. Proses validasi dilakukan melalui dua tahap.

Tahap pertama dilaksanakan pada 9-10 November 2022 di Universitas Ciputra, melibatkan 42 entitas bisnis. Sedangkan tahap ke-2 akan dilaksanakan pada 8-9 Desember 2022 di Ciputra World Surabaya, melibatkan 66 entitas bisnis.