Pixel Code jatimnow.com

Sabet Penghargaan AKI 2022, Ponorogo Jadi Kota Budaya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ahmad Fauzani
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (kiri) dalam acara Penghargaan AKI 2022 (Foto: Humas Pemkab Ponorogo for jatimnow.com)
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (kiri) dalam acara Penghargaan AKI 2022 (Foto: Humas Pemkab Ponorogo for jatimnow.com)

jatimnow.com - Ponorogo meraih penghargaan Apresiasi Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2022 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) melalui kesenian reognya.

Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud-Ristek Hilman Farid kepada Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko di Jakarta pada Jumat (9/12/2022) malam lalu.

"Alhamdulilah, sebuah penghargaan yang luar biasa dari Mas Menteri (Nadiem Makarim) untuk Ponorogo," ujar Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko dalam siaran pers yang diterima jatimnow.com, Minggu (11/12/2022).

Menurut Sugiri, penghargaan ini bukan untuk jajaran pemkab saja. Melainkan untuk seluruh warga Ponorogo, khususnya para pelaku kesenian Reog, pengrajin, dan pelestarinya.

"Pokoknya untuk seluruh masyarakat Ponorogo yang telah berdedikasi menjaga budaya ini tetap terjaga hingga turun temurun di Ponorogo dan dunia," ungkapnya.

Bagi Sugiri, AKI 2022 merupakan bentuk nyata pemerintah hadir dalam merangkul pelestari budaya Indonesia. Dan di Ponorogo, pemkab terus berupaya menjaga kelestarian reog. Serta terus memperjuangkan budaya asli Ponorogo ini hingga diakui dunia.

"Karena negara berkembang, yang berhasil membangun keberhasilan sebuah peradaban dan ekonominya berawal dari budaya," jelas dia.

Baca juga:
DPRD Ponorogo Tak Setujui Rencana Pemkab Kembali Pinjam Dana PEN

Menurut Sugiri, reog bukan hanya sebatas dijaga kelestariannya. Namun untuk dijadikan pelecut spirit membangun Ponorogo.

"Untuk itu saya akan bangun Monumen Reog dan Peradaban itu," ungkapnya.

Selain Ponorogo, ada 28 daerah lain yang mendapatkan penghargaan dari Mendikbudristek Nadiem Makarim, atas dedikasinya melestarikan kebudayaan asli Indonesia.

Baca juga:
Lanjutkan Pembangunan Jalan, Pemkab Ponorogo Bakal Pinjam Dana PEN Lagi

Ponorogo sendiri meraih AKI 2022 dengan kategori lembaga, di mana Kemendikbudristek menilai pemkab menjadi sebuah lembaga negara yang berdedikasi tinggi dalam melestarikan dan memperjuangkan budaya reog.

 

Reporter:  Ahmad Fauzani