Pixel Code jatimnow.com

Awas! Pencuri Motor Gentayangan di Parkiran Mal Sidoarjo, Begini Modusnya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zainul Fajar
Pelaku pencurian motor Vespa Piaggio Primavera di salah satu mal di Sidoarjo (Foto: Tangkapan layar video CCTV)
Pelaku pencurian motor Vespa Piaggio Primavera di salah satu mal di Sidoarjo (Foto: Tangkapan layar video CCTV)

jatimnow.com - Berbekal identitas palsu, seorang pria mencuri motor Vespa Piaggio Primavera bernopol W 3847 NDL yang terparkir di salah satu mal di Sidoarjo.

Informasi yang diperoleh jatimnow.com, pencurian motor itu terjadi di area parkir mal yang ada di Jalan Pahlawan, Sidoarjo pada Kamis (8/12/2022).

Pemilik motor itu bernama Rudi Siswanto (50). Dia mengaku bahwa anaknya yang menggunakan motor tersebut untuk berkunjung ke mal.

"Anak saya masuk ke mal itu sekitar jam 14.30 WIB. Selang kurang lebih dua jam, anak saya keluar. Namun motor itu sudah hilang," ungkap Rudi saat ditemui di rumahnya, Minggu (11/12/2022).

Rudi menjelaskan, pencurian motor itu ia ketahui setelah anaknya memberi kabar ke ibunya. Kepada ibunya, sang anak mengaku bahwa kunci kontaknya masih menancap di motor. Sedangkan STNK, berada di dompet kontak.

"Istri saya saat itu langsung ke sana untuk menanyakan ke pihak keamanan atau pengelola parkir. Kok bisa lolos, padahal sistemnya menggunakan karcis yang notabennya semua pengendara yang masuk pasti terekam kamera parkir saat awal masuk," paparnya.

Menurut Rudi, pihak pengelola parkir mal pun saat itu menjawab bahwa motor dengan ciri-ciri tersebut sudah diambil oleh seseorang yang mengaku sebagai pemilik dengan alasan karcisnya hilang.

Pelaku juga sempat mengeluarkan identitas yang diberikan kepada petugas berupa Surat Izin Mengemudi (SIM), agar petugas yakin bahwa si pelaku adalah pemilik motor.

Baca juga:
Dua Pria Curi Motor Milik Keluarga Pasien di Puskesmas Wonosalam, Jombang

"Harusnya kan ada verifikasi identitas yang mengambil siapa dan cocok atau enggak dengan foto identitasnya. Yang kedua, kan harusnya dicocokkan dengan foto awal ketika masuk mal. Apakah orangnya sama atau tidak," jelas dia.

Bermodal SIM milik pelaku yang sempat difoto petugas parkir, Rudi berinisiatif untuk mencari tahu identitasnya.

"Di SIM itu, identitasnya warga Jawa Barat. Saya akhirnya coba nyari info lewat saudara yang ada di sana. Selang beberapa lama, saya dikontak sama orang yang punya SIM. Ternyata SIM yang digunakan pelaku adalah identitas orang lain. Jadi pemilik SIM mengaku kalau September 2022 lalu tas berisi dompet dan identitasnya hilang dicuri," terang dia.

Tak hanya itu, pemilik identitas yang ada di SIM itu memberitahu Rudi jika identitasnya juga telah digunakan oleh terduga pelaku yang sama untuk mengelabuhi petugas KAI.

Baca juga:
Ditinggal Temannya Kabur, Pencuri Motor di Surabaya Masuk Penjara Kedua Kali

Akibat dari kejadian itu, Rudi langsung melapor ke Polresta Sidoarjo.

Sementara itu, Kasi Humas Polresta Sidoarjo, Iptu Tri Novi Handono mengaku belum mengetahui apakah laporan itu sudah masuk atau belum.

"Mohon waktu, mas," ucap Tri Novi.