Pixel Code jatimnow.com

Gua 'Perawan' Ditemukan di Semanding Tuban

Reporter : Erwin Yohanes
Petugas mempolice line area penemuan gua
Petugas mempolice line area penemuan gua

jatimnow.com - Warga Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tuban dikejutkan dengan penemuan sebuah gua 'perawan' (belum pernah dikunjungi manusia-red) yang berada di areal pertambangan batu kapur.

Gua yang terletak di bawah pertambangan batu kapur itu ditemukan pertama kali oleh Totok Sugianto. Saat itu, saksi tengah memotong batu kumbung di lokasi miliknya.

Namun, saat batunya terpotong, tiba-tiba dari dasar lantai batu kumbung mengeluarkan semburan angin yang kencang. Saat itu lah ia melihat ada lubang dengan kedalaman 8 meter.

Penasaran dengan lubang tersebut, ia pun menuruni lubang tersebut dengan menggunakan tangga bambu. Tak disangkanya, di dalam lubang terdapat ruangan yang sangat luas.

Ia pun mencoba untuk menelusuri lorong gua tersebut sepanjang 200 meter. Namun, tiba-tiba ia kesulitan bernafas dan akhirnya memutuskan untuk kembali ke atas.

Baca juga:
Fosil di Gua Tenggar Diperkirakan Lebih Tua dari Homo Wajakensis

Tak ingin ada masalah, Kapolres Tuban Nanang Haryono pun langsung melakukan pengecekan ke lokasi penemuan gua tersebut. Saat di lokasi, ia memastikan apa yang ditemukan oleh warga itu memang benar gua.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, ia pun meminta pada jajaran Polsek Semanding untuk mengamankan lokasi. "Sudah ditutup dengan police line. Lokasi masih kita nyatakan berbahaya," ujarnya.

Sementara itu, gua yang baru ditemukan tersebut tampak memiliki keindahan yang menakjubkan. Stalagtit dan stalagmit yang ada di dalam gua, terlihat sangat menawan.

Baca juga:
Foto: Penampakan Gua di Area Pertambangan Batu Kapur di Tuban

Penulis/Editor: Erwin Yohanes