Pixel Code jatimnow.com

Heboh Buaya Berjemur di Tepi Bengawan Solo Bojonegoro, Warga Diimbau Waspada

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Misbahul Munir
Tangkap layar video penampakan buaya di tepi sungai Bengawan Solo. (Foto: Misbahul Munir / jatimnow.com)
Tangkap layar video penampakan buaya di tepi sungai Bengawan Solo. (Foto: Misbahul Munir / jatimnow.com)

jatimnow.com - Warga Desa Kebonagung Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro digegerkan dengan penampakan seekor hewan diduga buaya berada di tepi sungai Bengawan Solo.

Pada rekaman video amatir warga memperlihatkan seekor mirip buaya sedang berjemur di tepi sungai bengawan solo. Kemudian buaya tersebut langsung kembali ke sungai setelah sejumlah warga berusaha melihat lebih dekat.

Warga kemudian melaporkan penemuannya itu kepada petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) setempat.

Kepala Dusun Kebonagung, Kecamatan Padangan, Agus Ronijaya (59) mengatakan, buaya tersebut beberapa kali diketahui muncul ke permukaan dekat permukiman warga yang berada sekitar di bantaran sungai Bengawan Solo.

"Munculnya sekira pukul 10.00 sampai 14.00 WIB, dan kelihatannya buaya itu tidak hanya satu. ada yang kecil dan ada yang agak besar,” bebernya.

Tidak hanya Agus, sejumlah warga juga mengetahui adanya buaya tersebut, bahkan ada yang berusaha untuk mengabadikan melalui kamera ponselnya

"Muncul pertama kali warna hitam agak besar dan ditonton banyak warga ia hanya diam saja. Ukurannya cukup besar lebih dari satu meter. Sedangkan, yang terakhir kemarin (11/12/2022), yang muncul lebih kecil dan berwarna kuning, hanya sekitar 1 meter panjangnya,” ujar Kadafi (32) warga setempat.

Baca juga:
Buaya Muncul Lagi di Bengawan Solo, Warga Diimbau Waspada

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Ahmad Gunawan. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Ahmad Gunawan. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

Terpisah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Bojonegoro Ahmad Gunawan membenarkan hal tersebut. Menurutnya kemarin (11/12/2022) Pos Damkar Padangan mendapat laporan dari warga terkait kemunculan seekor buaya ditepi sungai Bengawan Solo tepatnya di RT 07 RW 03 Desa Kebonagung, Kecamatan Padangan.

"Setelah mendapat laporan, langsung dilakukan penyisiran oleh petugas kurang lebih selama 2 jam disekitar lokasi. Namun tidak ditemukan keberadaan buaya yang dimaksud," terangnya.

Baca juga:
BKSDA Pastikan Buaya Berenang yang Viral Bukan di Gresik

Belum diketahui secara pasti, terkait keberadaan buaya tersebut. Apakah memang buaya liar atau milik orang yang terlepas.

Sementara laporan serupa juga pernah diterima oleh Dinas pemadam kebakaran pada sekitar aliran sungai bengawan solo tepatnya di wilayah Desa Kalisari Kecamatan Boureno dan di sekitar bendungan gerak Desa Ngringinrejo Kecamatan Trucuk.

"Kita mengimbau kepada masyarakat saat beraktivitas disekitar sungai Bengawan Solo untuk berhati-hati dan menjauhi wilayah perairan," pungkasnya.