Pixel Code jatimnow.com

Cerita di Balik Kebakaran Rumah Warga Pasuruan Akibat Ledakan iPhone

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Moch Rois
Sejumlah petugas mendatangi rumah yang terbakar akibat ledakan iPhone (Foto: Polsek Prigen for jatimnow.com)
Sejumlah petugas mendatangi rumah yang terbakar akibat ledakan iPhone (Foto: Polsek Prigen for jatimnow.com)

jatimnow.com - Seorang istri di Desa Tretes, Kelurahan/Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan tewas setelah tersambar api saat rumahnya terbakar, diduga akibat ledakan handphone iPhone. Sementara sang suami masih kritis.

Kanit Reskim Polsek Prigen, Ipda M Zahari menerangkan, pada Sabtu (10/12/2022) malam sebelum kejadian, pasangan suami istri (pasutri) bernama bernama Dimas Angga (31) dan Dela Anggi Puspita (26) itu istirahat di dalam kamar lantai dua rumahnya.

Namun, korban Anggi Puspita masih memainkan iPhone yang saat itu kabel chargernya masih tertancap atau dalam mode mengisi baterai.

"Diduga akibat baterai HP sudah penuh dan terus dimainkan oleh korban sambil dicas, membuat HP panas dan kemudian meledak. Percikan api akibat ledakan tersebut mengenai kedua korban dan merembet hingga membakar rumah," terang Zahari, Rabu (14/12/2022).

Kebakaran itu pun terjadi sekitar pukul 22.15 WIB. Kobaran api yang membakar lantai dua rumah korban, juga mengagetkan warga setempat yang sedang asyik nonton bareng sepak bola piala dunia di depan rumah korban.

Baca juga:
Rumah di Gresik Hangus Terbakar saat Pemiliknya Pergi ke Sawah

Tiga warga yang saat itu melihat ada kobaran api, langsung mendobrak pintu dan masuk untuk menyelamatkan kedua korban. Mereka mendapati kedua korban berjalan turun dari lantai dalam kondisi luka bakar.

Kepada warga, korban mengatakan bahwa munculnya api tersebut akibat ledakan iPhone yang dimainkan dalam kondisi dicas.

"Dalam identidikasi, barang bukti berupa 1 unit handphone merek iPhone dalam kondisi terbakar, terdapat soket charger kami amankan. Kemudian 1 unit handphone tidak diketahui mereknya, juga dalam kondisi terbakar. Lalu colokan headseat tertancap di handphone, 1 unit kepala charger kondisi terbakar, 1 buah kabel diduga kabel charger kondisi terbakar," paparnya.

Baca juga:
Tetangga Gelar Hajatan, Rumah Warga Jombang Ludes Terbakar

Kebakaran itu juga menghanguskan kamar tidur, lemari, 2 unit televisi, stop kontak, baju, meja belajar, plafon dan genteng.

Diketahui, akibat peristiwa itu, sang istri meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit pada Minggu (12/12/2022) pagi. Sementara suaminya masih kritis dan dirawat intensif di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang.