Pixel Code jatimnow.com

Ketua Askot Perempuan Pertama di Jatim, Ini Program Ganisa Majukan Sepak Bola

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Ketum Askot Kota Batu, Ganisa Pratiwi Rumpoko. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Ketum Askot Kota Batu, Ganisa Pratiwi Rumpoko. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Ganisa Pratiwi Rumpoko dilantik sebagai Ketua Umum Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Batu periode 2022-2026.

Ganis Rumpoko resmi terpilih saat Kongres Luar Biasa (KLB) pada Minggu 23 Oktober 2022 lalu. Ganis adalah pemilik SSB Batu Football Academy (Bafa).

Sebagai Ketua Askot perempuan pertama di Jawa Timur, putri Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko ini memiliki beberapa program unggulan untuk memajukan dunia sepak bola.

Beberapa program tersebut meliputi menggulirkan kompetisi sehat dengan membentuk badan liga Kota Batu dan pembinaan usia dini.

"Saya ingin sepak bola di Kota Batu bisa lebih baik dan profesional seperti di luar negeri. Selain itu jangan sampai kompetisi antar sekolah sepak bola (SSB) sepi peminat. Askot tentu menggandeng dan selalu berkoordinasi dengan seluruh SSB di Kota Batu," ujarnya, Kamis (15/12/2022).

Kemudian ada juga berapa inovasi seperti konseling tentang pembentukan tim sepak bola dan pembangunan lapangan sepak bola di desa atau kelurahan.

Baca juga:
Pemkot Batu Kampanye 'Pasang Patok, Anti Cekcok, Anti Caplok'

"Saya akan mendorong bagaimana lapangan sepak bola di desa/kelurahan dibangun agar memiliki standar. Tujuannya agar bisa disewakan dan bisa menjadi sport tourism sehingga berdampak positif pada ekonomi warga setempat," urainya.

Menanggapi itu, Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Jawa Timur, Ahmad Riyadh mengaku optimistis karena ada nuansa semangat, yang menjamin PSSI Kota Batu akan semakin maju dan ada terus berkembang.

"Nah inovasi Ketua Askot Batu cukup luar biasa, memang pengembangan sepak bola membutuhkan inovasi dan sinergitas. Jangan meremehkan satu bagian dari organisasi. Dengan membangun SSB-nya dengan baik, maka kekuatan lokal bisa terus dipupuk untuk berprestasi," ujar Riyadh.

Baca juga:
Brak! Motor Tabrak Pohon di Malang, Pengendara Tewas

Sementara Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengaku telah menyiapkan anggaran demi kemajuan PSSI Kota Batu. Pemkot Batu akan membantu mewujudkan progam-progam PSSI Kota Batu.

"Saya mendukung pembenahan lapangan sepak bola di desa-desa yang ada di Kota Batu untuk diberikan fasilitas yang baik bagi tamu tamu yang melakukan TC di Kota Batu. Tidak hanya wisata saja yang akan menjadi ikon dari Kota Batu, namun juga ada destinasi olahraga dengan berlatih sepak bola," tutur Dewanti.