Pixel Code jatimnow.com

Perpustakaan Universitas Ciputra Gagas Pohon Natal 1000 Buku Entrepreneur

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Mahasiswa sedang menyusun pohon Natal dari buku. (Foto: Farizal Tito/jatimnow.com)
Mahasiswa sedang menyusun pohon Natal dari buku. (Foto: Farizal Tito/jatimnow.com)

jatimnow.com - Perpustakaan Universitas Ciputra Surabaya menggagas pembuatan pohon Natal setinggi 5 meter yang terbuat dari 1000 buku entrepreneur di Corepreneur.

Pohon Natal yang disusun menggunakan buku-buku bertopik entrepreneur koleksi unggulan UC Library bertagline “Creating World Class”, ini diharapkan menjadi filosofi dan menjadi penyemangat tersendiri bagi civitas akademika.

"Pohon Natal 1000 buku entrepreneur ini memiliki filosofi tersendiri, di mana pohon adalah sebuah tumbuhan yang selalu bertumbuh. Sehingga diharapkan setiap mahasiswa atau civitas akademika yang melihatnya ini juga memiliki semangat untuk selalu bertumbuh," ujar Kepala Perpustakaan UC Yehuda Abiel.

“Dengan melihat pohon ini saya berharap mahasiswa bertumbuh tidak hanya secara fisik, namun bertumbuh dalam pengetahuan dan wawasan melalui buku-buku yang ada di perpustakaan,” imbuhnya.

Dia mengatakan menjelang tahun 2023 banyak prediksi mengatakan akan terjadi banyak hal yang tidak baik dalam perekonomian bahkan resesi, hingga banyak orang menjadi ciut hati.

Baca juga:
Alat Filterisasi Air Bersih dari Mahasiswa UC untuk Warga Lebak Arum Surabaya

"Nah melalui pohon Natal ini, yang bisanya menggunakan pohon cemara, dimana pohon cemara terkenal kuat bertahan dalam kondisi extreme (ketinggian dan dingin), kami ingin menampilkan replika pohon cemara dengan membuat pohon natal 1000 buku entrepreneur dengan tujuan dapat membangkitkan semangat untuk kuat, bertahan bahkan bisa maju pesat di tengah kondisi yang tidak baik,” urainya.

Dia mengatakan pembuatan pohon Natal yang dikerjakan bersama dengan para mahasiswa ini sedikitnya membutuhkan waktu selama 5 hari.

"Pengerjaan ini menemukan kedala seperti buku jatuh saat dipasang karena berat buku yang ditarik oleh gaya grafitasi. Sehingga bagian atas pohon kami sikapi dengan membuat buku dummy karena pakai buku asli ternyata susah nempel,” terang Abi.

Baca juga:
Diet Plastik Ala Mahasiswa Jadi Terobosan Baru Warga Sekardangan, Sidoarjo

Pemilihan lokasi Corepreneur yang merupakan lounge UC adalah salah satu strategi Perpusatakaan UC untuk mengimplementasikan konsep Guerilla Marketing yang terkenal menampilkan ide kreatif dalam bermarketing.

“Pohon Natal di Corepreneur UC Tower ini bisa dikatakan sebagai pancingan kepada sivitas akademika agar semakin penasaran. Dan menimbulkan niat membaca informasi dari buku-buku dipertanggungjawabkan keabsahannya dan dapat juga dijadikan referensi dalam mereka melakukan kegiatan," terang Abi.

“Di beberapa titik pada badan pohon Natal kami berikan QR Code yang jika discan akan diarahkan ke video panduan menuju UC Library. Selain itu ada juga QR Code yang mengarahkan ke layanan dan program UC Library yang tentunya sangat bermanfaat,” imbuhnya.