Pixel Code jatimnow.com

Lagi! Maling Kotak Amal Gentayangan di Sidoarjo, Ini Tampang Pelakunya

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Zainul Fajar
Pelaku beraksi membobol kotak amal. (Foto-foto: tangkapan layar CCTV)
Pelaku beraksi membobol kotak amal. (Foto-foto: tangkapan layar CCTV)

jatimnow.com - Aksi pembobolan kotak amal di Sidoarjo kembali terjadi. Aksi pelaku kali ini terekam kamera CCCTV yang ada di musala wilayah Bulusidokore, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo.

Sumadi warga RT 06 RW 01 Bulusidokare saat ditemui memaparkan bahwa kejadian pembobolan kotak amal tersebut terjadi pada Jumat (16/12/2022) sekitar jam 14.44 WIB.

"Pelaku beraksi sebelum Ashar, dan kami baru mengetahui kotak amal dibobol itu ketika warga sini mau menjalankan salat Ashar," ujar Sumadi, Sabtu (17/12/2022).

Lebih lanjut, Sumadi mengatakan bahwa berdasar dari rekaman CCTV yang ada di musala, pelaku melancarkan aksinya sendirian. Warga semula tidak menaruh rasa curiga, karena warga menganggap pelaku tersebut akan menunaikan salat.

"Dia datang kesini sendiri jalan kaki dari arah barat. Pakai jaket hitam, celana hitam, perawakannya kurus, menggunakan tas slempang warna biru," imbuhnya.

Berdasar rekaman CCTV, warga menduga pelaku membobol kotak amal dengan alat-alat yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Baca juga:
Buru Pelaku Pencurian Motor, Polisi Tangkap Duet Kakak-Adik Maling Kotak Amal

"Kayaknya sudah profesional mas. Karena kau diliat dari CCTV, dia tahu kalau di dalam itu ada kamera CCTV. Jadi dia membobol itu tangannya yang terekam dari tempat salat wanita. Shaf pria dan wanita kan dihalangi sama kain. Nah kain itu yang dibuat penutup dia saat proses membobolnya," terangnya.

Dari kotak amal yang berhasil dibobol, warga menyebut di dalamnnya terdapat uang jutaan rupiah.

Baca juga:
Cewek Berhijab dan Cowok Berambut Merah Terekam CCTV Curi Kotak Amal Musala

"Untuk uang yang diambil kisaran jutaan rupiah, karena kotak amal belum dibuka sama warga sekitaran 2 sampai 3 bulanan," tutupnya.

Sebelumnya, pada Minggu (13/11/2022) bulan lalu juga telah terjadi pembobolan kotak amal di musala yang ada di Pucang, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo.

Dari ciri-ciri pelaku yang berhasil terekam CCTV, diduga pelaku adalah orang yang sama dan warga menduga ia adalah spesialis pembobol kotak amal yang ada di kawasan Sidoarjo kota.