Pixel Code jatimnow.com

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri Bersolek agar Semakin Instagramable

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Yanuar Dedy
Proses penataan wajah baru Monumen SLG di Kabupaten Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Proses penataan wajah baru Monumen SLG di Kabupaten Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) di Kabupaten Kediri bersolek. Pemerintah daerah kini membuatnya lebih terlihat Instagramable.

Wajah baru Monumen SLG yang mirip gerbang Arc de Triomphe di Paris-Prancis ini terlihat pada pedestriannya.

Pedestrian yang memutari monumen ditata dengan penambahan bangku tanpa sandaran. Ini sengaja didesain dengan tujuan pengunjung dapat menikmati keindahan monumen maupun berpindah melihat lalu lalang kendaraan.

Ada juga penambahan lampu dekoratif dengan tambahan ornamen elemen lidah api yang menambah cantik salah satu ikon Kabupaten Kediri itu.

Lidah api dalam hiasan lampu dan bangku ini terinspirasi dari motif batik khas Kabupaten Kediri yang tergambar dalam temuan arca di Situs Adan-adan.

Solek Monumen SLG itu menjadi bagian dari penataan wajah Kabupaten Kediri yang ditekankan Bupati Hanindhito Himawan Pramana tentang Kediri Berbudaya.

Baca juga:
Hore! Jalan Soekarno-Hatta Hingga SLG Kediri Bakal Dipercantik

Penataan wajah baru Monumen SLG yang dikerjakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri itu mendapatkan respon positif dari masyarakat.

"Video proses pengerjaan kemarin saya posting di akun media sosial dinas, respon netizen juga bagus," kata Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti, Minggu (18/12/2022).

Lebih lanjut menurut Putut, pemasangan lampu dekoratif nantinya tidak hanya dipusatkan di pedestarian yang melingkari monumen, melainkan juga dipasang di pedestrian kaki-kaki Simpang Lima Gumul. Baik itu dari arah Kota Kediri, Pamenang, Pare, Plosoklaten maupun Pesantren.

Baca juga:
6 Destinasi Wisata Kediri, Cocok untuk Healing Tanggal Tua

"Ini bagian dari perwujudan penataan wajah Kabupaten Kediri sebagaimana yang diintruksikan Mas Dhito. Dalam penataan ini kita juga menampilkan elemen yang ada dalam motif batik khas dengan harapan semakin banyak orang yang tahu," tandasnya.

Monumen SLG merupakan salah satu wisata andalan di Kabupaten Kediri. Ini bisa jadi salah satu rekomendasi untuk libur akhir tahun nanti jika anda berencana melancong ke Bumi Panjalu.