Pixel Code jatimnow.com

Soal Tantangan Masa Depan, Khofifah ke IKA Unair: IKI Jawabane

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara IKA Unair (Foto-foto: Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara IKA Unair (Foto-foto: Humas Pemprov Jatim)

jatimnow.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang sekaligus Ketum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Airlangga (Unair) mengajak para alumni menjadi game changer atau pendobrak untuk merealisasikan 'IKI' di Jatim.

"IKA Unair dapat menjadi hubungan strategis dalam jalur relasional kerja sama dunia pendidikan dan riset, pemerintah, dunia kerja, media massa dan sektor-sektor strategis," terang Khofifah dalam siaran resminya, Minggu (18/12/2022).

Khofifah juga menekankan pentingnya memperkuat karakter inisiatif, kolaborasi, dan inovasi (IKI) di kalangan alumnus Unair untuk menghadapi tantangan Indonesia ke depan.

"Untuk menjawab tantangan masa depan, IKI jawabane. Inisiatif, kolaboratif dan inovatif," tegasnya.

Mantan Menteri Sosial RI itu menambahkan, alumni Unair telah menunjukkan inisiatif dan kolaborasi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Juga telah berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mempercepat pengendalian Covid-19 melalui vaksinasi.

"Di tempat ini (Airlangga Convention Center) beberapa kali telah dilakukan vaksinasi oleh IKA Unair dengan berkolaborasi dengan Pemprov Jatim, di sejumlah tempat di beberapa kota juga telah dilakukan IKA Unair untuk percepatan vaksinasi Covid-19," ujarnya.

Baca juga:
Warga Jatim! Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Menurutnya, IKA Unair telah memberikan kontribusi bagi bangsa dan masyarakat Indonesia. IKA Unair adalah bagian dari modal sosial dari setiap anggotanya untuk mengembangkan kapasitas dirinya.

Khofifah menegaskan bahwa kemajuan IKA Unair harus berjalan seimbang dan berhasil menampilkan kontribusi dan peran signifikannya dari hasil kerja para alumni yang berprestasi.

"Alumni Unair tidak meninggalkan atau mau mendampingi para alumni lainnya untuk maju dan berjalan setara bagi yang lain," ungkap dia.

Sementara Ketua IKA Unair Fakultas Hukum, Masfuk mengatakan, terbentuknya IKA Unair ini menjadi harapan besar bagi semua alumni di seluruh Indonesia. Setelah ini, Masfuk bersama alumni lain akan segera menggelar raker untuk merumuskan kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Baca juga:
Khofifah Dorong SIER Kembangkan Cold Storage, Perkuat Sektor Perikanan

"Tentu ini memberikan harapan besar bagi teman-teman IKA Fakuktas Hukum, bersama teman-teman untuk mengambil langkah-langkah yang strategis, di mana kita akan selalu melakukan jaringan teman-teman yang mengikuti di seluruh Indonesia," tuturnya.

Masfuk menegaskan bahwa alumni Fakultas Hukum Unair memiliki kualitas SDM yang tinggi.

"Alumni Fakultas hukum itu sekarang menjabat di posisi-posisi yang penting. Bahkan Fakultas Hukum kita adalah fakultas yang kelas dunia yang ada di Surabaya. Kami alumni setelah ini akan segera melakukan konsolidasi lalu melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka untuk memberikan suport," tandas Masfuk.