Pixel Code jatimnow.com

Tetangga Gelar Hajatan, Rumah Warga Jombang Ludes Terbakar

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Kondisi rumah milik Kartiyem warga Desa Sumberejo, Kecamatan Jombang yang hangus terbakar. (Foto: BPBD Kabupaten Jombang)
Kondisi rumah milik Kartiyem warga Desa Sumberejo, Kecamatan Jombang yang hangus terbakar. (Foto: BPBD Kabupaten Jombang)

jatimnow.com - Rumah milik Kartiyem warga Desa Sumberejo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, ludes terbakar api, pada Senin (19/12/2022) pagi. Api diduga berasal dari korsleting arus listrik.

Kepala Desa Sumberejo, Hariono mengatakan insiden kebakaran itu terjadi pada pukul 7.00 WIB. Api pertama kali diketahui tetangga korban yang tengah menggelar hajatan.

"Sekitar pukul 07.00 WIB. Warga dan Karriyem melihat kepulan asap berasal dari dalam rumah. Kebetulan pemiliknya berada di depan rumah saat kejadian berlangsung," ungkapnya.

Lantaran banyak warga di sekitar lokasi kejadian, mereka langsung berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun api tak kunjung padam sehingga warga menghubungi petugas Damkar BPBD Kabupaten Jombang.

"Ada warga yang melaporkan kejadian ke saya. Saya langsung laporkan ke BPBD," katanya.

Baca juga:
Rumah di Gresik Hangus Terbakar saat Pemiliknya Pergi ke Sawah

Sementara itu, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Syamsul Bahri mengatakan, bahan bangunan rumah yang terbuat dari papan kayu membuat api cepat membesar.

"Apinya cukup besar membuat pemadaman membutuhkan waktu yang lama. Sekitar pukul 09.15 api baru berhasil kita padamkan," ungkapnya.

Baca juga:
Truk Pengangkut Tabung Gas Terbakar di Sumenep

Ia menyebut, dugaan sementara penyebab kebakaran karena korsleting arus listrik pada ruang tamu. Sehingga seluruh rumah ludes terbakar. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Sumber api dari ruangan depan rumah. Semua bangunan rumah terbakar," pungkas Syamsul.