Pixel Code jatimnow.com

Pelindo Regional 3 Prediksi Penumpang Nataru Naik 25 Persen

Editor : Rochman Arief
Pelindo Regional 3 bersiap melayani lonjakan arus mudik Nataru 2022. (foto: Pelindo Regional 3 for jatimnow.com)
Pelindo Regional 3 bersiap melayani lonjakan arus mudik Nataru 2022. (foto: Pelindo Regional 3 for jatimnow.com)

jatimnow.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 menyiapkan 21 terminal penumpang menyambut arus mudik Natal dan Tahun Baru.

Penyiapan terminal itu sebagai bentuk antisipasi lonjakan pemudik khususnya via jalur laut. Diprediksi penumpang laut di wilayah Pelindo Regional III naik sekitar 25 persen dari tahun lalu.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan bahwa tahun lalu capaian arus penumpang pada Nataru sekitar 180 ribu penumpang. Sementara lonjakan tahun ini diperkirakan mencapai 25 persen atau sekitar 225 ribu penumpang.

Pihaknya mengakui, pelonggaran aturan berpergian yang diberikan pemerintah sejak pandemi Covid-19 melandai memicu peningkatan arus penumpang pada mudik Nataru 2022-2023.

Menyikapi hal itu, Pelindo Regional 3 juga telah melakukan sejumlah persiapan, seperti penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan, hingga kesehatan bagi calon pemudik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

Fasilitas ruang tunggu penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. (foto: Pelindo Reguinal 3 for jatimnow.com)Fasilitas ruang tunggu penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. (foto: Pelindo Reguinal 3 for jatimnow.com)

Baca juga:
Catat 8,6 Juta Jam Zero Accident, Pelindo Regional 3 Raih Penghargaan

“Sejumlah fasilitas yang dipastikan di antaranya ruang tunggu penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan CCTV, guna memastikan keamanan bagi calon pemudik," kata Ardhy, dalam siaran persnya, Senin (19/12/2022).

Pelindo Regional 3, juga terus berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, seperti Otoritas Pelabuhan, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak dan penyedia pelayaran agar arus mudik Nataru 2022 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami. Semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, hingga ruang kesehatan dipastikan sudah bisa melayani arus mudik tahun ini," tutur Ardhy.

Baca juga:
Santri Tebuireng Mudik Nataru Lebih Awal

Ardhy mengimbau kepada seluruh pihak, khususnya calon penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan khususnya di terminal penumpang, agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

Sebelumnya arus mudik Nataru baik via darat, udara maupun laut diprediksi akan mengalami kenaikan jumlah penumpang pasca-dilonggarkannya aturan berpergian oleh pemerintah.

Sementara itu, terminal penumpang di bawah naungan Pelindo Regional 3 meliputi, Pelabuhan Maumere, Ende, Kupang, Tanjung Perak, Benoa, Gilimas, Bima dan Lembar.