Pixel Code jatimnow.com

Muswil PW Muhammadiyah Jatim Digelar di Ponorogo, 11 Ribu Warga Siap Hadir

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Ketua PW Muhammadiyah Jatim Dr M Saad Ibrahim saat menggelar jumpa pers di kantor PW Muhammadiyah. (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Ketua PW Muhammadiyah Jatim Dr M Saad Ibrahim saat menggelar jumpa pers di kantor PW Muhammadiyah. (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - Musyawarah Wilayah (Muswil) Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Timur (Jatim) ke-16 bakal digelar di Kabupaten Ponorogo. Muswil, akan digelar pada 24-25 Desember 2022, untuk memilih ketua baru PW Muhammadiyah Jatim periode 2022-2027.

Ketua PW Muhammadiyah Jatim Dr M Saad Ibrahim mengatakan, Muswil kali ini mengusung tajuk 'Membumikan Islam Berkemajuan Memajukan Jawa Timur'.  

Muswil kali ini, akan mengusung beberapa agenda, diantaranya laporan pertanggungjawaban pengurus, penyusunan program kerja (proker), pembahasan isu strategis, serta memilih 13 tim anggota pimpinan PW Muhammadiyah, yang akhirnya memilih 1 ketua.

"Anggota Muswil yang berhak memilih sebanyak 1.148 orang. Mereka utusan dari 38 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) seluruh Jawa Timur. Rinciannya sebanyak 128 dari unsur PDM dan 996 dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM)," ucap Dr Saad, dalam jumpa pers, di kantor PW Muhammadiyah Jalan Kertomenanggal, Surabaya, Kamis (22/12/2022).

Dr Saad menambahkan, untuk saat ini panitia telah mengantongi 64 nama yang mendaftarkan diri sebagai calon ketua. Profil pun dibuka secara transparan untuk melihat portofolio setiap kandidat sehingga bisa menentukan 13 orang pimpinan dengan baik. 

Baca juga:
Usung Logo Bertema Tugu Babalayar, Muhammadiyah Sidoarjo Songsong Musda ke-11

"Pemilih tinggal memilih nama yang dikehendaki dengan menekan nama di antara 64 calon pimpinan di layar monitor sebanyak 13 orang. Harapannya pimpinan yang terpilih membawa kemajuan bagi Muhammadiyah," imbuhnya.

Sedangkan untuk mempercepat perhitungan, pada Muswil PW Muhammadiyah ke-16 besok, panitia akan menggunakan metode e-voting. Cara ini juga sebelumnya dipakai dalam penentuan ketua pengurus pusat.

Baca juga:
Sukadiono Terpilih jadi Ketua PW Muhammadiyah Jatim 2022-2027, Ini Komitmennya

Pembukaan Muswil berlangsung di Alun-Alun Ponorogo, dengan dihadiri oleh warga Muhammadiyah 11.000 orang dari Jawa Timur yang sudah mendaftar. Lalu, Muswil bakal digelar di Gedung Expotorium Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Umpo).

"Panitia memberikan doorprize bagi penggembira sebanyak lima sepeda motor yang diumumkan di akhir acara pembukaan. Juga hadiah untuk anggota Muswil lima tiket umrah yang diumumkan di acara penutupan," tandas Dr Saad.