Pixel Code jatimnow.com

Pemkot Mojokerto Raih Peringkat 1 Kota Terinovatif IGA 2022

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Achmad Supriyadi
Kepala Bappeda Litbang Kota Mojokerto Agung Moeljono Soebagijo saat menerima penghargaan IGA sebagai kota terinovatif (Foto: Vandi for jatimnow.com)
Kepala Bappeda Litbang Kota Mojokerto Agung Moeljono Soebagijo saat menerima penghargaan IGA sebagai kota terinovatif (Foto: Vandi for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto meraih penghargaan Peringkat I Kota Terinovatif Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan tingkat nasional tersebut diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) kepada Pemkot Mojokerto yang diwakili oleh Kepala Bappeda Litbang Agung Moeljono Soebagijo di Gedung Sasana Bakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Sebelum meraih penghargaan tersebut, Kota Mojokerto telah melewati berbagai tahapan penilaian. Diawali dengan proses penilaian berkas, berlanjut pada tahap presentasi yang dilakukan langsung oleh Wali Kota Ika Puspitasari (Ning Ita) di Jakarta.

Terakhir, validasi lapangan oleh tim ahli dari Kemendagri terhadap inovasi unggulan yang digagas Kota Mojokerto, khususnya Gempa Genting dan Brantas Tuntas.

"Berbagai inovasi yang dimiliki Kota Mojokerto terbukti membawa perubahan. Seperti Gempa Genting yang menjadi salah satu upaya pemkot menekan angka stunting dari angka 9,04 di Tahun 2019 menjadi 4,08 di Tahun 2022, nomor dua terendah nasional," ujar Ning Ita dalam siaran pers yang diterima jatimnow.com, Jumat (23/12/2022).

Baca juga:
Jelang Pembangunan Taman Bahari Mojopahit, Ning Ita Audiensi Bersama Menparekraf

Dia menambahkan, perempuan yang akrab disapa Ning Ita ini mengapresiasi semua pihak yang selalu bersinergi melahirkan beragam inovasi untuk pembangunan di Kota Mojokerto. Ke depan, ia juga berharap agar inovasi terbaik terus dimunculkan.

"Ini bukan capaian final, melainkan cambuk semangat bagi kita semua. Semoga ide-ide kreatif, solutif, dan aplikatif semakin banyak bermunculan di tahun-tahun mendatang," harapnya.

Untuk diketahui, sebelum meraih peringkat satu, Kota Mojokerto telah menempuh jalan panjang dalam ajang tahunan tersebut. Pada Tahun 2019, Kota Mojokerto bahkan sempat berada di peringkat ke-327.

Baca juga:
Standar Pelayanan Minimal Kota Mojokerto Terbaik di Jatim

Namun, upaya perbaikan terus dilakukan, terbukti di Tahun 2020, Kota Mojokerto berada di posisi ke-42 dan naik menjadi peringkat 7 di Tahun 2021. Barulah kemudian, tahun ini melejit menduduki puncak teratas sebagai kota terinovatif.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Agung Moeljono Soebagijo mengaku jika pihaknya siap memberikan usaha lebih untuk memantapkan berbagai inovasi di Kota Mojokerto.

"Ke depan, kami akan berupaya untuk memberikan effort lebih, mendampingi OPD untuk mematangkan setiap inovasi yang dilahirkan. Misalnya melalui bimtek, coaching clinic, dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak seperti stakeholder, akademisi, dan praktisi," pungkasnya.