Pixel Code jatimnow.com

4 Destinasi Wisata Desa di Lamongan untuk Healing Akhir Tahun

Editor : Rochman Arief Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Bupati Lamongan Yuhronur Effendi saat mengunjungi ekowisata Kalitengah. (foto: Adyad Ammy Iffansyah/jatimnow.com)
Bupati Lamongan Yuhronur Effendi saat mengunjungi ekowisata Kalitengah. (foto: Adyad Ammy Iffansyah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Siapa bilang Lamongan tidak kaya dengan ekowisata? Sesekali Anda perlu datang ke Lamongan untuk membuktikan. Kebetulan saat ini sudah memasuki libur Natal dan tahun baru.

Lamongan memiliki empat destinasi wisata desa yang bisa dijadikan ekowisata bareng keluarga. Berikut pilihannya.

1. Wisata Soda

Wisata Soda atau Sogo Dayoh. Lokasinya berada di Desa Tanggungprigel, Kecamatan Glagah. Wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga karena berbasis ekowisata.

Di lokasi ini Anda akan disambut berbagai spot foto menarik. Wisatawan bisa dimanjakan dengan suasana khas pedesaan Lamongan. Anak-anak bisa berinteraksi dengan ikan air tawar di waduk. Waktu yang cocok untuk mengunjungi wisata ini adalah pagi dan sore hari.

Wisata desa ini terus dikembangkan, dalam setahun terakhir akses masuk wisata dan lokasi parkir telah diperluas. Juga disiapkan kuliner dan oleh-oleh khas desa setempat.

2. Taman Mahoni

Belum puas di Wisata Soda, Anda bisa berkunjung ke objek wisata Taman Mahoni di Desa Kendal, Kecamatan Sekaran. Wisata di sini berada di bantaran Sungai Bengawan Solo, yang jarang dijumpai di kota lain.

Uniknya, di tempat ini wisatawan bisa bermain berbagai permainan tempo dulu. Sebut saja engkle, lompat tali, petak umpet, layangan, congklak, seni musik tongklek sampai egrang.

Baik anak-anak tempat ini bisa jadi edukasi tapi bagi orang dewasa berwisata di taman mahoni bisa sekalian bernostalgia.

Lokasinya sejuk poll, rimbun dan sangat terasa bernuansa alam pedesaan. Belum lagi angin sepoi-sepoi dari Bengawan Solo, dijamin bikin Anda betah berlama-lama.

Baca juga:
Tukang Becak Tambal Jalan di Lamongan, Kesepian sejak Istri Meninggal Dunia

Taman Mahoni menyuguhkan berbagai permainan tempo dulu yang bisa dijadikan opsi liburan akhir tahun. (fotoTaman Mahoni menyuguhkan berbagai permainan tempo dulu yang bisa dijadikan opsi liburan akhir tahun. (foto

3. Wisata Edukasi Kalitengah

Seperti namanya, wisata ini terletak di Kecamatan Kalitengah. Hal yang menarik di tempat ini adalah gabungan alias wisata terintegrasi lima desa sekaligus.

Kelima objek wisata dalam satu zona itu antara lain, showroom kopiah di Desa Pengangsalan, Kelompok Asuhan Mandiri (Asman) Pemanfaatan Taman Obat Tradisional Keluarga (Toga) Keningkir di Desa Buntungan. Kemudian, edukasi agrobisnis pertanian di Desa Kediren.

Tak berhenti di situ. Di Desa Cluring pengunjung bisa melihat proses pembuatan telur asap khas Lamongan. Untuk penutup, Anda bisa mencicipi kuliner khas yang berada di Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah (SKCK).

4. Taman Airlangga

Baca juga:
Ini Sosok yang Memotivasi Tukang Becak Tambal Jalan Berlubang Sendirian

Usai berkutat di kawasan Lamongan tengah, wilayah selatan juga memiliki lokasi yang layak dikunjungi. Yakni, Taman Airlangga. Lokasi ini berada di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng.

Di sana, pengunjung bisa menikmati asrinya suana pedesaan khas Lamongan Selatan. Taman ini baru saja dibangun dan dikembangkan melengkapi Situs Candi Pataan yang sebelumnya sangat ikonik.

Tak hanya menikmati panorama dan edukasi sejarah, pengunjung juga bisa melihat dan mencoba sensasi motor trail yang lengkap dengan lintasan dan arena di kawasan candi.

Sekarang biara kuliner. Di Desa Pataan memiliki salah satu kudapan yang legendaris, yakni Wedang Secang.

Anda penasaran? Cobalah datang ke Lamongan dan unggah foto-foto ke media sosial.