Pixel Code jatimnow.com

Begal Remaja Surabaya Babak Belur Dimassa, Catatan Kriminalnya Bikin Elus Dada

Editor : Rochman Arief Reporter : Zain Ahmad
Pelaku begal motor yang dihajar massa. (foto: Polsek Krembangan for jatimnow.com).
Pelaku begal motor yang dihajar massa. (foto: Polsek Krembangan for jatimnow.com).

jatimnow.com - Usianya tergolong remaja. Namun catatan kriminal yang dilakukan bisa kernyitkan dahi. Itulah aksi remaja yang indekos di Jalan Pakal Sumberan, Surabaya, berinisial IDM (19).

Kini ia harus mendekam di balik jeruji besi. Musababnya ia merampas sepeda motor Honda Beat, milik S (36), warga Jalan Kalianak, Surabaya.

Menurut keterangan Kapolsek Krembangan, AKP Sudaryanto, pelaku tidak sendirian menjalankan aksinya. Ia ditemani pelaku lain berinisial B, yang kini menjadi buronan polisi.

"Sebelum kami amankan, yang bersangkutan sempat dikepung dan dihajar massa. Nah, pada saat itu ada anggota yang sedang patroli, dan langsung dievakuasi. Namun hanya satu yang kami amankan, satunya kabur," terangnya, Senin (26/12/2022).

Sudaryanto menjelaskan, aksi begal motor ini bermula saat korban mengendarai kendaraan Honda Beat sendirian sekitar pukul 23.15 WIB di Jalan Perak Barat, Surabaya.

Kedua pelaku yang saat itu sudah mobile di kawasan tersebut, melihat korban langsung melancarkan aksinya. B bertugas sebagai joki, sementara IDM bagian mengeksekusi dengan bersenjatakan parang.

"Korban sempat dikejar, ditakut-takuti dengan sajam. Kemudian saat berada di sampingnya, langsung korban ditendang hingga terjatuh," jelasnya.

Baca juga:
Bawa Kabur Motor Curian, Eh Ada Polisi, Begini Ending Bandit di Surabaya

Melihat korbannya tersungkur, IDM langsung menghampiri dan menodongkan parangnya ke arah kepala korban. Karena takut, korban melarikan diri ke pos lantas yang tak jauh dari TKP sambil berteriak minta tolong.

Upaya tersebut membuahkan hasil. Teriakan korban didengar warga dan pengendara yang melintas. Saat pelaku hendak kabur memabwa motor korban, warga langsung melakukan pengepungan.

"Pelaku kemudian dimassa. Sementara temannya melarikan diri bersama motor sarananya. Darinya kami juga amankan senjata tajam jenis parang yang digunakan menakut-nakuti korban," kata Sudaryanto.

Baca juga:
Dua Motor Adu Moncong di Jombang, Satu Meninggal di Lokasi

Bersama barang bukti tersebut, pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Krembangan untuk diperiksa. Kepada penyidik, IDM dan B tak hanya sekali melakukan kejahatan.

Keduanya tercatat pernah mencuri motor di kawasan Jalan Rangkah sebanyak dua kali. Selain itu, juga pernah menjambret di bawah flyover Jalan Pasar Kembang, Surabaya.

"Hasil penyidikan, kedua tersangka ini juga pernah terlibat aksi pengeroyokan di Jalan Ikan Kerapu. Saat ini kasusnya masih kami kembangkan, untuk mencari TKP lainnya, juga memburu temannya yang kini kabur," tandas Sudaryanto. 

 
Persik Kalah, Pelatih Pasrah
News

Persik Kalah, Pelatih Pasrah

jatimnow.com - Persik Kediri kembali menelan kekalahan di kandang dalam lanjutan Liga 1 2022/2023, Pekan 22, Sabtu (4/2/2023) sore. Tim Macan Putih