Pixel Code jatimnow.com

Pedasnya Ayam Panggang Mbak Roh di Kediri, Mau Coba?

Editor : Rochman Arief Reporter : Yanuar Dedy
Ayam panggang dan urap-urap menjadi menu andalan kedai Mbak Roh di Kabupaten Kediri. (foto: Yanuar Deddy/jatimnow.com)
Ayam panggang dan urap-urap menjadi menu andalan kedai Mbak Roh di Kabupaten Kediri. (foto: Yanuar Deddy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Kediri punya beragam kuliner yang beragam. Salah satunya adalah Ayam Panggang Mbak Roh. Kedai yang terletak di Desa Mukuh, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri ini berdiri sejak 1990-an.

Ayam Panggang Mbak Roh ini nyaris tak pernah sepi. Menu di sini terkenal dengan kelezatan dan dagingnya yang empuk. Ayam panggang Mbak Roh juga memiliki cita rasa pedas yang pas. Ditambah urap-urap lebih mantap.

Tamu yang berkunjung datang dari berbagai daerah tak hanya Kediri. Sehari menurut Mbak Roh atau Siti Masruroh, ia mampu menghabiskan lebih dari 50 ekor ayam potong dan ayam kampung pada weekday, sedangkan saat weekend bisa mencapai seratusan ekor.

“Minggu kemarin ayam potongnya habis 50 ekor, belum termasuk ayam kampung. Kalau weekend bisa lebih ramai,” kata Mbak Roh, Selasa (27/12/2022).

Untuk harga, ayam kampung dijual Rp24.000 per porsi, sedangkan ayam potong Rp14.000. Lebih murah ayam utuh untuk dimakan beramai-ramai, ayam kampung utuh Rp100.000 dan potong Rp80.000.

Baca juga:
Dianggap Mubazir, Ini Jawaban Pelatih Persik soal Pembelian Pemain Muda

Sejarahnya, kuliner Ayam Panggang Mbak Roh ini bermula saat Siti Masruroh kebingungan akibat dagangan daging ayam mentahnya tak habis. Dulunya Mbak Roh jualan ayam segar.

Daging ayam segar yang tak habis dijual menurut Masruroh tidak bisa dijual lagi esok harinya. Ia kemudian mencoba memasak daging ayam itu.

"Nah waktu jual itu kan tidak selalu habis, bingung mau diapakan karena tidak mungkin besoknya dijual mentah lagi. Akhirnya saya coba masak daging ayam itu dan dijual matang dalam bentuk ayam panggang. Ternyata respons pembeli sangat baik dan justru semakin banyak yang datang," cerita Mbak Roh.

Baca juga:
Mas Dhito Ajak Pengembang Bandara dan Tol Bahas Infrastruktur di Kediri

Selanjutnya Masruroh mulai menggeluti bisnis rumah makan Ayam Panggang. Selain menu ayam panggang dengan urap-urap yang menjadi andalannya, kedia miliknya juga menyediakan berbagai sayuran dengan konsep nasi prasmanan.

Pengunjung juga bisa memesan ikan gurami bakar hingga menu sambelan lainnya.

"Alhamdulillah sekarang justru semakin ramai dan banyak langganan. Semoga ke depannya semakin ramai terus," tandasnya.