Pixel Code jatimnow.com

Pelindo Regional 3 Capai Kinerja Positif di Tahun 2022

Editor : Redaksi
Capaian Kinerja Positif Pelindo Regional 3 Tahun 2022. (Foto: Pelindo 3 for jatimnow.com)
Capaian Kinerja Positif Pelindo Regional 3 Tahun 2022. (Foto: Pelindo 3 for jatimnow.com)

jatimnow.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 membukukan catatan kinerja positif di tahun 2022. Tercatat, hingga November 2022 ini Regional 3 mencatatkan pertumbuhan yang signifikan terutama dari layanan pada arus kapal, arus non-petikemas, dan arus penumpang.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki, mengatakan kinerja arus kapal di pelabuhan yang dikelola Pelindo Regional 3 hingga November 2022 yakni sebanyak 88.500 unit atau naik 112 persen (YoY) dengan jumlah 311.895.712 GT atau naik 105 persen (YoY).

Sedangkan kinerja arus non-terminal tercatat sebanyak 51,55 juta ton/m3 naik 104 persen (YoY), dan khusus untuk untuk arus penumpang naik cukup signifikan sebanyak 3,41 juta orang atau naik 218 persen (YoY).

Sementara, untuk arus peti kemas tercatat tercapai sebanyak 4,050 juta box atau 99,7 persen (YoY) dengan jumlah 5,96 juta TEUs atau 99,6 persen (YoY).

"Ada banyak faktor yang membuat capaian kita cukup positif tahun ini. Salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi pascapandemi, kami optimis capaian ini akan bertahan hingga akhir tahun ini," ujar Ardhy Wahyu Basuki

Baca juga:
15 Kapal Pesiar Berpenumpang Turis Tiba di Surabaya Tahun ini

Meski sepanjang tahun 2022 ada pertumbuhan positif, Pelindo Regional 3 tetap berupaya meningkatkan trend pelayanan. Sejumlah rencana strategis tengah disiapkan guna meningkatkan layanan pelabuhan dari berbagai sektor.

Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, ada 3 rencana strategis yang akan digarap Pelindo, diantaranya menjalin peningkatan kerja sama dengan BUMN/swasta.

Baca juga:
Data Pelindo Regional 3, Penumpang Kapal Tumbuh 102 Persen Jelang Lebaran

Tak hanya itu, rencana strategis lain yakni pengembangan bisnis kepelabuhan di antaranya seperti pengembangan terminal dan kegiatan logistik di Pelabuhan Benoa, serta rencana pembangunan jetty di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) juga menjadi salah satu rencana strategis perusahaan tahun depan.

"Kita akan optimalisasi pemanfaatan lahan dan fasilitas pelabuhan, seperti yang juga sudah dilakukan yakni optimalisasi Pelabuhan Benoa dan Gilimas sebagai home/turn around port, serta optimalisasi lahan idle di beberapa pelabuhan,” pungkasnya.