Pixel Code jatimnow.com

Dukung Kebutuhan Digital Libur Nataru, IOH Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zain Ahmad
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) - (Foto: IOH for jatimnow.com)
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) - (Foto: IOH for jatimnow.com)

jatimnow.com - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) meningkatkan kapasitas jaringan pada masa libur perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun baru 2023 (Nataru).

Peningkatan kapasitas ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan jaringan telekomunikasi digital lebih dari 100 juta pelanggan IOH.

IOH juga mengoptimalkan jaringan di 371 lokasi prioritas seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, rest area, bandara, pelabuhan, terminal hingga stasiun.

Antisipasi dilakukan untuk mengatasi kepadatan lalu lintas data di masa libur panjang kali ini.

IOH meningkatkan kapasitas jaringan sekitar 50% lebih besar dari rata-rata trafik harian normal, untuk mendukung aktivitas digital pelanggan yang banyak menggunakan aplikasi berbasis video seperti YouTube, Facebook, dan TikTok.

Baca juga:
3Kiosk, Layanan Terbaru IOH untuk Masyarakat Pedesaan di Jawa Timur

SVP-Head of Network Operations, Agus Sulistio mengatakan, secara umum IOH telah menyiapkan berbagai dukungan untuk kelancaran komunikasi pelanggan selama perayaan Nataru kali ini.

"Seluruh upaya yang kami lakukan adalah agar pelanggan dapat merasakan pengalaman digital terbaik selama menjalani masa liburan sekolah, perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Agus, Rabu (28/12/2022).

Menurut Agus, IOH juga telah mengaktifkan Command Center khusus selama 24/7 sejak 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Augmented Reality/Machine Learning) dan otomasi, untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan.

Baca juga:
1 Tahun Pascamerger, IOH Dukung Pertumbuhan Industri Telekomunikasi dan Ekonomi

Beberapa dashboard khusus juga digunakan seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard untuk mendukung Command Center.

"Semoga ini dapat membantu masyarakat agar merasakan pengalaman digital terbaik. IOH untuk Indonesia," tandasnya.