Pixel Code jatimnow.com

Kiprah Aris Wibawa, Sekwan Lamongan Pimpin Asosiasi Sekretaris DPRD Indonesia

Editor : Rochman Arief Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Sekwan Lamongan, Aris Wibawa (kanan) saat serah terima jabatan menggantikan Widyo Prayitno (kiri) menjadi Ketum DPN Asdeksi. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Sekwan Lamongan, Aris Wibawa (kanan) saat serah terima jabatan menggantikan Widyo Prayitno (kiri) menjadi Ketum DPN Asdeksi. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Lamongan, Aris Wibawa diamanahi jabatan Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Asosiasi Sekertaris DPRD Seluruh Indonesia (Asdeksi).

Dedikasinya dalam menjaga iklim politik dan pemerintahan di Kabupaten Lamongan dinilai mampu membantu percepatan peningkatan kapasitas Sekertaris Dewan di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, ini sebuah bentuk pengabdian, dari Lamongan untuk negara. Bersyukur tenaga saya masih dibutuhkan dan lebih bisa bermanfaat," ungkap Aris Wibawa, Kamis (29/12/2022).

Lompatan besar yang dilakukan Aris tentu tidak melewati proses instan. Ia melalui jalan terjal dan berliku untuk sampai di titik saat ini. Diawali anggota hingga Ketua Koordinator Daerah (Korda) Asdeksi Jawa Timur pada 2017, sepak terjangnya melejit hingga ke tingkat nasional.

"Saya dari nol mas. 2017 masih di Korda Jatim, setahun setelahnya (2018) bergabung kepengurusan nasional sebagai Ketua Bidang Organisasi dan Kelembagaan, barulah Munas 2021 jadi Ketua 1. Kemudian Sekjen dan Alhamdulillah sekarang menjadi ketua umum," jelasnya.

Baca juga:
Tokoh di Balik Kerukunan Warga Desa Pancasila Lamongan

Meski menempati posisi sentral, tak lantas membuat Aris larut dalam euforia. Ia merasa memiliki beban moril untuk segera bisa mencari solusi memecah sejumlah problem.

"Saat ini fokus prioritas, memperjuangkan kelas jabatan dan tambahan penghasilan pegawai (TPP) lingkup Sekwan DPRD seluruh daerah," ujarnya.

Untuk masalah teknis, Aris mengaku ingin berbagi tips cara yang dilakukanya di Lamongan agar bisa diadopsi daerah lain. Seperti komunikasi lintas instansi, manajemen konflik, hingga sistem publikasi.

Baca juga:
Rujak Mak Tas Lamongan, Kudapan Penggugah Selera Penuh Keajaiban dan Ikonik

"Selain itu juga ada agenda workshop dan pembekalan dengan pemateri kementerian maupuan pejabat publik. Ia juga meminta agar sekwan bisa sinergi dan kolaboratif," paparnya.

Sebagai informasi, Asdeksi berdiri di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Aris Wibawa dilantik pada Juni 2022 lalu menggantikan Widyo Prayitno sebagai Ketua Umum dengan masa jabatan 2021-2024. Widyo Prayitno diketahui telah pensiun sebagai Sekwan Purworejo.