Pixel Code jatimnow.com

Gaes, Berikut 2 Cara Hindari Mabuk Akibat Minuman Beralkohol

Editor : Rochman Arief
foto: Kelsey Knight/Unsplash.com
foto: Kelsey Knight/Unsplash.com

jatimnow.com - Dalam hitungan hari pergantian tahun segera dimulai. Sejumlah warga di muka jagad telah menyiapkan berbagai pesta.

Umumnya, pesta kecil identik dengan minum alkohol, wine, koktail, dan sejenisnya. Tak jarang pesta kecil ini menimbulkan masalah bila dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut Anita Raja, seorang dokter umum yang berbasis di Birmingham (Inggris), mengatakan bahwa minuman beralkohol bisa menimbulkan sakit kepala, mual, dan dehidrasi. Itu semua disebabkan kandungan etanol-asetaldehida di dalam minuman.

Mengutip Mirror, ia menjelaskan mabuk akibat minuman beralkohol membutuhkan waktu 24 jam untuk pemulihan. Itu sebabnya ia menyarankan agar pesta tahun baru dilakukan dengan wajar.

“Jadi minumlah dengan bijaksana,” kata Anita Raja, dikutip dari Mirror, Rabu (28/12/2022).

Dokter umum ini kemudian berbagi tips guna menghindari mabuk akibat minum minuman beralkohol. Ia menyarankan agar perut tidak dalam kondisi kosong.

Baca juga:
Edan! Pelajar SMA di Mojokerto Tenggak Miras Diduga Dicampur Racun Tikus

“Sebaiknya makan makanan ringan, tapi pastikan (makan) tidak pedas, karena dapat merusak lapisan perut,” imbuhnya.

Tips lain adalah dengan memperbanyak minum air mineral atau air putih, sebelum, saat sedang minum alkohol, hingga setelahnya.

Dengan memperbanyak minum air mineral, kondisi kepala pusing dan mual bisa dihindari.

Baca juga:
3 Pemuda di Surabaya Curi Sekarung Timah, Gagal Pesta Miras Usai Dikepung Warga

“Minumlah cairan dan hindari terlalu banyak minum alkohol. Anda pasti bisa,” sarannya.

National Health Service (NHS) atau badan layanan kesehatan yang berbasis di Inggris menyarankan untuk minum enam sampai delapan gelas air sehari. Langkah ini juga bagian penting untuk menjaga keesokan harinya agar tidak mengalami dehidrasi.

Anita Raja maupun NHS tidak menyarankan Anda untuk terus mabuk, meski melakukan pencegahan mengonsumsi minuman beralkohol.