Pixel Code jatimnow.com

Akhir 2022, Elektabilitas Prabowo Subianto Teratas versi SPIN

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Data hasil survei SPIN.
Data hasil survei SPIN.

jatimnow.com - Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara menyampaikan bahwa nama Prabowo Subianto masih berada di urutan pertama elektabilitas tokoh nasional untuk Pemilu 2024.

Hal ini berdasarkan temuan data survei yang dilakukannya untuk periode bulan Desember 2022. Trend elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu cenderung menguat ketimbang periode sebelumnya.

"Sampai dengan survei periode Desember 2022, perolehan elektabilitas Prabowo masih stabil di angka 31,8 persen bahkan cenderung menguat," kata Igor, Kamis (29/12/2022).

Ada beberapa perspektif mengapa nama Prabowo Subianto masih menguat. Salah satunya dengan sepak terjangnya membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pertahanan.

"Diduga hasil dari fokus kerjanya sebagai Menteri Pertahanan dan endorse yang dilakukan oleh Jokowi terhadapnya," ujar Igor.

Baca juga:
Gerindra Surabaya Bangun Posko Pemenangan Prabowo di Krembangan

Faktor selanjutnya adalah tentang statemen Prabowo Subianto yang sudah menyatakan diri untuk siap bertarung kembali dalam Pilpres 2024.

"Fokusnya untuk menjalankan amanah Presiden di bidang pertahanan patut diapresiasi mengingat Prabowo telah mendeklarasikan kesiapanya kembali untuk bertarung dalam kompetisi Pilpres," beber dia.

Baca juga:
Prabowo Dijamu Makan Malam Menantu Jokowi, Menunya Pilpres 2024?

Ditambah kedekatan Prabowo dengan sejumlah kiai dan ulama kondang di Jawa Timur. Menambah empati masyarakat bahwa selain sosok nasionalis, Prabowo juga diterima oleh tokoh-tokoh religius.

Selain Prabowo, di urutan selanjutnya ada nama Ganjar Pranowo yang mendapatkan 20,1 persen. Kemudian Anies Rasyid Baswedan mendapatkan 19,7 persen. Laju elektabilitas ketiga tokoh besar itu masih saling mendominasi.