Pixel Code jatimnow.com

Jatim Penyumbang Stok Darah Terbesar Nasional, Relawan Diganjar Penghargaan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyematkan lencana Donor Darah Sukarela (DDS) kepada 500 lebih sukarelawan pendonor darah di Gedung Negara Grahadi (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyematkan lencana Donor Darah Sukarela (DDS) kepada 500 lebih sukarelawan pendonor darah di Gedung Negara Grahadi (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur memberikan apresiasi berupa Penganugerahan Piagam Penghargaan dan Satya Lencana Donor Darah Sukarela (DDS) kepada 500 lebih sukarelawan pendonor darah.

"Untuk yang 75 kali (donor darah), bu gubernur yang memberikan. Ditanda tangani oleh Pak Jusuf Kalla (Ketua Pusat PMI) dan yang menyerahkan gubernur totalnya 526 orang, karena keterbatasan tadi dihadirkan 200 orang," ujar Ketua PMI Jatim, Mayjend TNI (Purn) Imam Utomo Soeparno, di Gedung Negara Grahadi, Jumat (30/12/2022).

Imam Utomo mengatakan, apresiasi kali ini sengaja diberikan oleh negara atas dedikasi sukarelawan pendonor darah yang konsisten menyumbangkan darahnya setiap dua bulan sekali ke PMI.

"Pemberian penghargaan ini sudah ada setiap tahun rutin, hari ini yang dilakukan di kabupaten kota sudah, pak bupati dan walikota sudah memberikan yang 50 kali, sebanyak jumlahnya 1.570 orang (kalau) di seluruh Jatim," sambung mantan Gubernur Jatim periode 1998-2003 dan 2003-2008.

Baca juga:
PMI Jatim Launching Bank Data Darah, Begini Fungsinya

Pihaknya berharap, sukarelawan pendonor darah di Jatim bisa semakin bertambah. Agar stok darah di Indonesia bisa tetap aman. Mantan Pangdam V Brawijaya Tahun 1995-1997 itu juga menyebut, Jawa Timur merupakan penyumbang stok darah terbesar secara nasional.

"Kebutuhan darah akhirnya banyak dipenuhi oleh mereka. Kalau ini jumlahnya banyak sekitar 150 ribu orang cukup untuk memenuhi kebutuhan Jatim yang jumlahnya 700 ribu kantong per tahun," beber dia.

Baca juga:
Bantuan dari Bank Jatim untuk Pengungsi dan Relawan Erupsi Semeru

Imam Utomo optimis, sukarelawan yang sudah puluhan kali bekerja ini bisa segera menembus angka seratus dan bisa menerima penghargaan dari Presiden RI secara langsung.

Persik Kalah, Pelatih Pasrah
News

Persik Kalah, Pelatih Pasrah

jatimnow.com - Persik Kediri kembali menelan kekalahan di kandang dalam lanjutan Liga 1 2022/2023, Pekan 22, Sabtu (4/2/2023) sore. Tim Macan Putih