Pixel Code jatimnow.com

Belasan Pohon di Kota Batu Tumbang Akibat Angin Kencang Dua Hari

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Ilustrasi hujan angin (Foto: Dok. jatimnow.com)
Ilustrasi hujan angin (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Angin kencang yang melanda Kota Baru sejak Sabtu (31/12/2022) hingga Minggu (1/1/2023) menyebabkan belasan pohon tumbang.

Pohon-pohon yang tumbang itu berada di Kelurahan Sisir, yaitu Jalan Bromo, Jalan Abdul Gani Atas dan Jalan Terusan Moch Sahar. Juga Jalan Trunojoyo, Kelurahan Songgokerto, Jalan Patimura, Kelurahan Temas dan lainnya.

Ukuran pohon yang tumbang dari diameter 35 sentimeter hingga 2 meter dengan tinggi dari 16 meter hingga 25 meter.

Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, pada Sabtu ada dua titik pohon tumbang. Sedangkan pada Minggu, terjadi di 10 titik.

"Tidak ada yang parah. Kami langsung melakukan upaya dengan cepat, pembersihan material pohon tumbang. Kami juga menghimbau kepada pihak terkait untuk melakukan perempesan dan pemotongan pohon rawan tumbang," ungkap Agung, Minggu (1/1/2023).

Baca juga:
Waspada! Jawa Timur Masih Rawan Bencana Hidrometeorologi, Ini Penyebabnya

Agung menyebut bahwa tidak ada warga maupun pengguna jalan yang menjadi korban. Angin kencang hanya menyebabkan arus lalu lintas sempat terganggu. Juga kabel PLN mengalami kerusakan, rusaknya lahan pertanian dan kaca rumah warga serta putusnya jaringan internet.

Angin kencang itu juga mengakibatkan atap bangunan semi permanen dari lapak para pedagang di Pasar Pagi, Stadion Brantas rusak, pada Sabtu.

Baca juga:
Warga Sampang Tertimpa Rumah saat Hujan Lebat dan Angin Kencang

Agung menambahkan, pihaknya sudah memberikan bantuan terpal yang dapat digunakan untuk atap sementara dan diharapkan para pedagang tetap bisa berjualan.

"Sudah kita berikan bantuan terpal di hari itu juga. Himbauan saya agar masyarakat waspada dan hati-hati dalam menghadapi musim hujan dan angin kencang. Terutama, ketika beraktivitas di luar rumah," tandas Agung.