Pixel Code jatimnow.com

Waspada Gelombang Tinggi di 12 Wilayah Perairan Jatim Pekan Depan

jatimnow.com - Cuaca ekstrem dengan gelombang laut tinggi diprediksi terjadi di 12 wilayah perairan Jawa Timur, mulai Senin (2/1) sampai Jumat (6/1/2023)

Fajar Setiawan, prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim, Tanjung Perak Surabaya mengatakan, gelombang tinggi di 12 wilayah perairan di Jawa Timur dibagi 3 kategori; sedang, tinggi, sangat tinggi.

"Pola kecepatan angin ini menyebabkan fenomena gelombang tinggi. Dimana gelombang laut sedang mencapai 2,5 meter, tinggi yang biasa mencapai 4 meter, dan sangat tinggi; bisa mencapai 6 meter," kata Fajar kepada jatimnow.com, Minggu (1/1/2023).

Dijelaskan, 12 daerah perairan di Jawa Timur yang diimbau waspada itu diantaranya adalah:

- Tinggi gelombang sedang (1,25 - 2,5 meter) dapat terjadi di perairan Kalimantan Tengah bagian timur.

Baca juga:
Waspada! Jawa Timur Masih Rawan Bencana Hidrometeorologi, Ini Penyebabnya

- Tinggi gelombang tinggi (2,5 - 4,0 meter) dapat terjadi di perairan Kepulauan Kangean, Perairan Tuban sampai Lamongan, Laut Jawa sebelah utara Bawean, Perairan Gresik sampai Surabaya, Laut Jawa sebelah selatan Bawean, Perairan Utara Madura, Laut Jawa sebelah barat Masalembo, perairan Kepulauan Sapudi, dan Laut Jawa sebelah timur Masalembo.

- Tinggi gelombang sangat tinggi (4 - 6 meter) dapat terjadi di perairan selatan Jatim, dan terjadi di Samudra Hindia sebelah selatan Jatim.

Menurut Fajar, catatan ini juga harus dipedomani dan diperhatikan bagi semuanya yang melakukan aktivitas di perairan laut Jawa Timur,

Baca juga:
Warga Sampang Tertimpa Rumah saat Hujan Lebat dan Angin Kencang

"Semua harus waspada, termasuk masyarakat yang tinggal di daerah pesisir. Sebab jika ada awan cumolonimbus yang luas dan gelap nanti mampu menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang," pungkasnya.

 

Persik Kalah, Pelatih Pasrah
News

Persik Kalah, Pelatih Pasrah

jatimnow.com - Persik Kediri kembali menelan kekalahan di kandang dalam lanjutan Liga 1 2022/2023, Pekan 22, Sabtu (4/2/2023) sore. Tim Macan Putih