jatimnow.com

91 Ton Tembakau di Jember Ludes Terbakar

Reporter : Erwin Yohanes
Gudang tembakau yang terbakar 🔍
Gudang tembakau yang terbakar

jatimnow.com - Sejumlah gudang pengeringan tembakau milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X, Unit Usaha Strategis (UUS) Kertosari di Dusun Krajan, Desa Pecoro, Kecamatan Rambipuji, Jember, ludes terbakar. Puluhan ton tembakau yang berada di dalam gudang ludes terbakar.

Ada 4 gudang tembakau pengeringan yang terbakar. Gudang 1 ukuran 20 m x 60 m yang berisi tembakau yang sudah di oven sebanyak 25 kamar/longkang. Gudang 2 ukuran 20 m x 80 m berisi tembakau yang sudah dioven sebanyak 31 kamar/longkang.

Gudang 3 ukuran 20 m x 80 m yang berisi tembakau yang sudah dioven sebanyak 34 kamar/longkang. Kemudian gudang 4 ukuran 20 m x 80 m (kosong).

Loading...

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.00 WIB subuh tadi," ungkap Kapolsek Rambipuji AKP Sutarjo, Selasa (7/8/2018).

Saksi mata menyebutkan, api pertama kali muncul dari gudang 2, tepatnya di pojok kanan atas atap yang terbuat dari daun tebu kering. Kemudian api menjalar ke arah Timur mengenai Gudang 1 dan angin mengarah ke barat juga mengenai Gudang 3 dan Gudang 4.

"Polsek menerima laporan dari masyarakat dan mengecek ke TKP sekitar pukul 05.00 WIB," tambahnya.

Api baru bisa dipadamkan setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran. Api berhasil dipadamkan sepenuhnya sekitar pukul 07.00 WIB. Dari kejadian itu, pihak PTPN Kertosari merugi hingga Rp 2 miliar.

"Menurut keterangan pihak perkebunan bahwa tembakau yang ada di dalam gudang sekitar 91 ton," pungkasnya.

Reporter : Irul Hamdani
Editor: Erwin Yohanes

 

Loading...