Pixel Code jatimnow.com

Waspada! Ini Titik Rawan Laka di Tol Jomo, Pengemudi Wajib Tahu

Editor : Rochman Arief Reporter : Elok Aprianto
Truk bermuatan cabai mengalami laka tunggal di KM 672 B, ruas tol Jombang-Mojokerto. (foto: PJR Polda Jatim for jatimnow.com)
Truk bermuatan cabai mengalami laka tunggal di KM 672 B, ruas tol Jombang-Mojokerto. (foto: PJR Polda Jatim for jatimnow.com)

jatimnow.com - Kecelakaan tunggal yang mengakibatkan korban meninggal kembali terjadi di KM 672+000 B, ruas jalan tol Jombang-Mojokerto (Jomo) pada Senin (9/1/2023). Lokasi tepatnya di Dusun Gondanglegi, Desa Gondang Manis, Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Akibat laka tersebut, pengemudi truk dengan nopol W 8420 UF yang membawa muatan cabai meninggal di lokasi, setelah truk yang dikemudikan menabrak pembatas median wire rope.

Kanit PJR Polda Jatim, AKP Imam SR menjelaskan peristiwa laka tunggal tersebut letaknya tak jauh dari lokasi laka maut yang menewaskan artis Vanessa Angel tahun 2021 silam.

Ia menyebut jika lokasi laka maut itu, titiknya tak sama. Jika artis Vanessa Angel mengalami laka saat menuruni sambungan jembatan Brantas dengan Kali Konto, sedangkan untuk truk kemarin itu dari arah sebaliknya.

"Kalau (laka lantas yang dialami) Vanessa itu dari arah barat mau masuk ke Jombang, kalau (truk) yang kemarin itu dari timur mau naik ke atas dan turun di exit tol Nganjuk," bebernya.

"Lebih detailnya, di area jalur itu terdapat sambungan. Jadi kondisi jalannya naik, dari timur naik begitu juga sebaliknya. Karena jalurnya itu mirip jembatan layang," sambungnya.

Ia menjelaskan, kondisi ini bisa mengakibatkan laju kendaraan tidak stabil. Apalagi jika para pengguna jalan tol melaju dengan kecepatan tinggi. Bisa mengakibatkan kecelakaan tunggal.

"Untuk kondisi pengemudi truk Abdul Rasek (27) warga Kelurahan Gebangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo mengalami luka berat, kemudian meninggal di lokasi," katanya.

Sedangkan kenek atau penumpang truk atas nama Rizal Pratama (24), warga Desa Wringin Anom, Kecamatan Penarikan, Kabupaten Situbondo, mengalami luka berat dan masih belum sadar kemarin.

"Untuk yang kenek truk jatuh dari jalan tol ke jalan Desa yang lokasinya ada di bawah pembatas jalan tol. Kondisinya luka berat, dan belum bisa dimintai keterangan. Saat ini korban sudah dilarikan ke RSUD Jombang," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Imam meminta pada pengemudi mewaspadai kondisi jalan yang membahayakan. Terutama sambungan jembatan Brantas dan Kali Konto, yang ada di Jombang. Demikian juga dengan sambungan jembatan Brantas yang ada di jalan tol Mojokerto.

Ia juga mengimbau pada para pengguna jalan tol agar selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum bepergian.

Baca juga:
Hindari Jalan Berlubang, Pemotor di Lamongan Tewas Terlindas Truk