Pixel Code jatimnow.com

Awas! Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Hujan Es, Cek Lokasinya

Editor : Rochman Arief Reporter : Zainul Fajar
Petugas BMKG saat memantau kondisi cuaca melalui monitor. (foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)
Petugas BMKG saat memantau kondisi cuaca melalui monitor. (foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)

jatimnow.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas 1 Juanda Sidoarjo, memperkirakan cuaca ekstrem sangat dimungkinkan terjadi hingga awal bulan Februari.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda Sidoarjo Teguh Tri Susanto dalam keterangannya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi di kawasan Surabaya Raya, yang meliputi Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

Selain itu, dalam cuaca ekstrem kali ini juga berpotensi terjadi angin kencang di wilayah perkotaan dan gelombang tinggi di perairan Jawa timur.

"Saat ini puncak musim hujan masih melanda Sidoarjo, dengan intensitas curah yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan beberapa genangan di berbagai wilayah perkotaan juga menyebabkan angin kencang serta petir dan berpotensi hujan es," ujar Teguh saat ditemui Jatimnow, Selasa (10/1/2023).

Teguh menambahkan bahwa cuaca ekstrem memang tidak melanda Surabaya Raya setiap hari. Namun, ia tetap mengimbau masyarakat agar selalu waspada saat hujan angin disertai petir yang tiba-tiba turun.

Dampak tersebut tentunya akan sangat dirasakan oleh para nelayan, pelaut, serta penduduk yang berada di wilayah perairan di sekitar Surabaya Raya, khususnya Sidoarjo.

"Kami mengimbau untuk para nelayan yang melaut, agar tetap menjaga keselamatan saat berlayar" pungkasnya.

Baca juga:
Warga Jatim! Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan