Pixel Code jatimnow.com

Lapas Kediri 4 Kali Gagalkan Penyelundupan Narkoba: Nomor 2 Bikin Ngelus Dada

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Penyelundupan narkoba jenis sabu dalam rokok ke Lapas Kediri digagalkan petugas (Foto: Humas Lapas Kediri/jatimnow.com)
Penyelundupan narkoba jenis sabu dalam rokok ke Lapas Kediri digagalkan petugas (Foto: Humas Lapas Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIA Kediri kembali menggagalkan upaya penyelundupan narkoba. Kasus ini merupakan yang keempat sejak akhir November 2022 lalu.

Seperti apa modus mereka dalam upaya menyelundupkan barang terlarang tersebut?

1. Kirim Sabu Lewat Rokok

Baru saja Lapas Kediri menggagalkan upaya penyelundupan sabu lewat rokok yang seolah dibuat seperti baru. Dua bungkus rokok itu masih tersegel pabrik.

Barang haram tersebut gagal dikirim untuk warga binaan setelah terdeteksi mesin x-ray, juga ketelitian petugas jaga.

Ada dua bungkus rokok yang terlihat masih tersegel dari pabrikan. Meski terlihat baru, petugas x-ray masih curiga dengan isinya.

Total dari hasil pemeriksaan didapatkan barang bukti dua bungkus narkoba jenis sabu yang diperkirakan seberat 3 gram dan tujuh alat bong dari dua bungkus rokok tersebut.

Saat ini pengunjung yang membawa bingkisan tersebut masih dalam proses penyelidikan. Sementara warga binaan yang dituju diamankan di strap sel untuk pengembangan.

2. Lewat Sarung dan Al-Quran

Sebelumnya, seorang pegawai honorer di salah satu rumah sakit umum daerah di Kota Kediri berinisial YN (38) mengirimkan paket sarung dan Al-Quran berisi narkoba ke dalam Lapas Kediri, Jumat (9/12/2023). Penyelundupan paket terlarang itu digagalkan oleh mesin x-ray.

Total 12 sarung dan Al-Quran itu ditujukan pada warga binaan bernama Idris, mantan suaminya yang telah divonis 6 tahun akibat kasus narkoba.

Baca juga:
Penyelundupan Narkoba dalam Sayur Lodeh Tempe Digagalkan

Total ada 1.526 butir narkoba jenis pil double l diletakkan pada tiga lipatan sarung baru yang masih terbungkus plastik, serta tiga unit ponsel dan layar HP di masing-masing empat sarung lain.

3. Bungkusan Hitam Berisi Pil Double L Dilempar

Tak hanya lewat pengiriman barang, penyelundupan narkoba juga dilakukan melalui lemparan. 16 Desember 2022 lalu bungkusan hitam dilempar ke Lapas Kediri.

Bungkusan mencurigakan itu ditemukan petugas di area penjagaan. Diduga dilempar oleh orang tak dikenal dari sisi selatan Lapas Kediri.

Bungkusan hitam tersebut didapati berisi headset, pil diduga double l, dan narkotika jenis sabu.

Baca juga:
Belajar Kreatif di Balik Penjara, Siapkan Diri Kembali ke Masyarakat

4. Kirim HP Lewat Roti Tawar

Bukan hanya narkoba, 21 November 2022 Petugas Layanan Kunjungan Lapas Kediri juga menggagalkan penyelundupan roti tawar spesial.

Saat dilakukan pemeriksaan menggunakan mesin x-ray, petugas menemukan visual mencurigakan dilayar monitor dari sebuah roti tawar itu.

Petugas kemudian membuka bungkusan itu dan benar saja isi dalam bungkusan tersebut adalah handphone dan charger.