Pixel Code jatimnow.com

Jelang Imlek Pesanan Lampion Meningkat

Editor : Rochman Arief Reporter : Galih Rakasiwi
Pengrajin lampion saat mengerjakan pesanan. (Galih Rakasiwi)
Pengrajin lampion saat mengerjakan pesanan. (Galih Rakasiwi)

jatimnow.com - Jelang perayaan Tahun Baru Imlek 22 Januari 2023, permintaan lampion cukup tinggi di Kota Malang. Seperti yang dirasakan produsen lampion, Ahmad Syamsuddin, warga Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Menurutnya sudah dua bulan permintaan meningkat. Untuk pemesanan dari wilayah Malang hingga Jakarta bahkan luar negeri. Hal itu menunjukkan jika penjualan lampion sudah membaik.

"Sekarang sudah bagus penjualannya, tidak seperti pas pandemi kemarin. Saya kemarin pandemi tidak ada pesanan sama sekali, dulu pandemi kan gak ada perayaan," ujar Syamsuddin, Rabu (11/1/2023).

Pada 2023, dia mengaku mendapatkan pesanan lampion kurang lebih 6.000 unit dengan harga Rp90 ribu untuk dikirimkan ke Italia.

Baca juga:
Buntut Demo Ricuh di Kantor Arema FC, Polisi Tetapkan 7 Orang Tersangka

"Kalau lampion biasa saya menjual harga Rp25 ribu. Mahal tidaknya tergantung model, kalau bentuk sederhana otomatis harganya murah," paparnya.

Dampak positif dirasakan juga oleh beberapa warga setempat karena dipekerjakan oleh Syamsuddin. Total ada 17 orang. Mereka secara terampil menempel kain khusus untuk dijadikan lampion pesanan para konsumen.

Baca juga:
Tiga Rekomendasi Warung Makan Murah Meriah di Kota Malang saat Tanggal Tua

"Harapan saya semoga situasi semakin membaik dan dengan dicabutnya PPKM bisa mendorong peningkatan permintaan lampion," tutupnya.