Pixel Code jatimnow.com

Elektabilitas PDI Perjuangan Tertinggi di Surabaya, Ketua Bamusi: Nafas Rakyat

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
PDI Perjuangan menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi di Surabaya. (Foto: dok. jatimnow.com)
PDI Perjuangan menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi di Surabaya. (Foto: dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil survei, Kamis (12/1/2023). Hasilnya, PDI Perjuangan menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi. Partai besutan Megawati Soekarnoputri ini masih menjadi jawara, baik di top of mind maupun elektabilitas di masyarakat Surabaya.

Menyikapi hal itu, Ketua Bamusi DPC PDI Perjuangan Surabaya, Abdul Ghoni Mukhlas Niam mengaku bangga atas capaian tersebut. Dia mengaku bersyukur karena apa yang dilakukan oleh partai tidak sia-sia.

"Alhamdulillah kerja-kerja kita selama ini tidak sia-sia, ini berkat kerja keras DPC PDI Perjuangan Surabaya dan juga anggota legislatifnya yang sering turun ke masyarakat. Sehingga bisa mendongkrak elektabilitas partai," katanya, Jumat (13/1/2023).

Meski demikian, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya itu tidak mau terlena dengan hasil tersebut. Ia bersama politisi PDI Perjuangan Surabaya lainnya akan terus melakukan kerja-kerja politiknya.

"Artinya kita tidak mau terlena. Kita akan tetap terus terjun ke masyarakat, untuk menyerap aspirasi rakyat terutama," tegas Ghoni.

Dari prestasi ini, anggota Komisi C DPRD Surabaya itu berkomitmen, kepercayaan dari warga Surabaya ini akan ia jadikan sebagai semangat baru memenangkan PDI Perjuangan di Pemilu yang akan datang, yang sekaligus menjadi kado di HUT PDI Perjuangan ke-50 tahun.

"Kepercayaan ini akan menjadi semangat kami untuk semakin bekerja dan menjadi nafas rakyat Surabaya," tandas alumnus UIN Sunan Ampel Surabaya itu.

Sementara peneliti senior SSC, Ikhsan Rosidi mengungkapkan, PDI Perjuangan berada di posisi puncak dengan perolehan 41,7% untuk top of mind partai politik.

Baca juga:
PDI Perjuangan Surabaya Gerakkan Penghijauan untuk Rawat Kehidupan

"Baru kemudian disusul oleh PKB dan Gerindra yang masing-masing mengantongi 7,7% dan 6,0% di urutan kedua dan ketiga," ucap Ikhsan.

Ia menambahkan selain tiga posisi teratas, partai lain pun mengikuti seperti Demokrat dan Golkar dengan perolehan masing-masing 4,6% dan 3,7%, PKS dengan 3,4%, Nasdem 2,7%, dan PAN dengan 1,1%.

"Lainnya, yakni Perindo 1,0%, PPP 0,9%, sisanya PSI dan PBB dengan perolehan masing-masing 0,6% dan 0,2%”, imbuh Ikhsan.

Sementara dalam hal elektabilitas urai Ikhsan, di ranking pertama masih PDIP dengan 46,7%, diikuti PKB 8,7%, Gerindra 8,6%, Demokrat 6,3%, Golkar 5,0%, PKS 4,1%, Nasdem 3,6%, PAN dengan 1,8%, PPP 1,2%, Perindo dan PSI keduanya 1,1%.

Baca juga:
Soal Eri Cahyadi Maju Pilgub 2024, Sikap PDI Perjuangan Surabaya Begini

"Lainnya masih di bawah 1%, yakni PBB 0,2%, Hanura, Garuda, PKN, Gelora, Partai Buruh, dan Ummat semuanya kompak memeroleh 0,1%," beber dia.

"Menariknya, di survei top of mind partai ada 26,4% responden yang memilih untuk tidak menjawab atau menyatakan tidak tahu, sedangkan survei elektabilitas sebanyak 11,0% tidak menjawab atau menyatakan tidak tahu. Ini berarti masih ada peluang atau ceruk yang cukup besar untuk diperebutkan dan digarap oleh partai-partai lainnya," pungkasnya.

Hasil Survei Elektabilitas Partai versi SSC :

1. PDIP : 46,7%
2. PKB : 8,7%
3. Gerindra : 8,6%
4. Demokrat : 6,3%
5. Golkar : 5,0%
6. PKS : 4,1%
7. Nasdem : 3,6%
8. PAN : 1,8%
9. PPP : 1,2%
10. Perindo : 1,1%
11. PSI : 1,1%