Lombok Dilanda Gempa, Wisatawan Asing Alihkan Destinasi ke Jawa

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Salah satu wisatawan asing yang menyeberang ke Banyuwangi

jatimnow.com - Gempa yang melanda Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB), membuat aktivitas wisata terhenti. Para turis mancanegara banyak yang mengalihkan (ascape) pelesirannya ke Pulau Jawa. Salah satunya Banyuwangi.

Hal itu dikatakan, Owner Travel Ijen Blue Fire Yoyon. Jumlah  wisatawan asing pasca gempa yang terjadi di Lombok naik dikisaran 10-15 persen dari hari biasanya.

Tetapi hal itu tidak murni akibat gempa yang berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) saja, melainkan pada bulan Juli hingga Agustus itu masuk liburan musim dingin.

"Sekarang kan juga musim liburan. Selain itu disusul gempa kemarin, jadi ada peningkatan.," paparnya saat ditemui di konternya di pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Selasa (7/8/2018).

Banyuwangi menjadi salah satu alteratif daerah yang memiliki beberapa destinasi wisata, seperti Kawah Gunung Ijen, Baluran, Pantai Sukamade yang menjadi favorit.

Pascagempa, katanya, Senin (6/8) sejumlah 8 keluarga yang semula menjadwalkan berwisata di Pulau Lombok setelah Bali memutuskan untuk mengunjungi beberapa daerah wisata di Pulau Jawa.

"Ada yang ke Pulau Merah, tapi kebanyakan yang dituju utama adalah Ijen, itu wajib bagi mereka. Tapi biasanya Ijen dan Sukamade, itu satu paket," paparnya.

Sebagian dari mereka, lanjut Yoyon, ingin mengeksplore beberapa destinasi pariwisata di Banyuwangi.

Sementara pantauan di lapangan beberapa turis mancanegara terlihat menyebrang dari Pulau Bali ke Pulau Jawa melalui pelabuhan Ketapang. Ada yang berjalan kaki dan ada pula naik bus atau membawa kendaraan pribadi.

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Arif Ardianto



Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter