Pixel Code jatimnow.com

Boyong Alat Las untuk Bobol ATM, Pria asal Malang Meringkuk di Tahanan

Editor : Rochman Arief Reporter : Galih Rakasiwi
Ruang ATM Bank Mandiri yang dibobol pria asal Pakis Kabupaten Malang. (foto: Humas Polres Malang for jatimnow.com)
Ruang ATM Bank Mandiri yang dibobol pria asal Pakis Kabupaten Malang. (foto: Humas Polres Malang for jatimnow.com)

jatimnow.com - Tim Opsnal Satreskrim Polres Malang menangkap pria berinisial KY (46), warga Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Minggu (15/1/2023). Dasar penangkapan ini tidak lepas dari aksi kejahatan yang ia lakukan.

Ia diketahui merupakan pelaku spesialis pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Sebelumnya ia telah melancarkan aksinya pada pukul Sabtu (14/1/2023) di Jalan Raya Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, sekitar pukul 02.00 WIB.

Kasi Humas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik mengatakan awalnya satpam Bank Mandiri mengetahui mesin ATM rusak. Temuan itu membuatnya melaporkan ke kepolisian setempat.

“Benar, telah terjadi peristiwa pembobolan mesin ATM, pelaku sudah tertangkap. Dari hasil pemeriksaan sementara diketahui, KY membobol mesin ATM menggunakan seperangkat alas pengelasan. Seluruh perangkat tabung gas untuk mengelas itu, diangkut pelaku menggunakan minibus Daihatsu GranMax," ujarnya, Senin (16/1/2023).

Pelaku cukup profesional menjalankan aksinya. Sebab tersangka lebih dulu merusak kamera CCTV dengan cara mengecat dengan cat semprot agar identitasnya tidak diketahui.

Baca juga:
Pertamini di Kabupaten Malang Terbakar, Satu Dilarikan ke RS

"Meski begitu KY gagal merusak plat besi pengaman mesin yang cukup tebal menggunakan alat pengelasan," lanjutnya.

Mengetahui ada kerusakan pada mesin ATM, pihak keamanan bank melapor ke Polsek Pakis. Selanjutnya petugas keamanan bersama polisi melakukan pemeriksaan terhadap rekaman CCTV di sekitar ATM.

Baca juga:
Nenek Berusia 103 Tahun Jadi Korban Jambret, Aksi Pelaku Beredar di Medsos

"Hasil rekaman CCTV itulah petugas gabungan Opsnal Polres Malang dan Polsek Pakis menangkap pelaku di rumahnya. Polisi juga mengamankan barang bukti berupa seperangkat peralatan las yang dipakai untuk membobol mesin ATM, cat semprot, serta Daihatsu Granmax yang digunakan tersangka mengangkut peralatan," tuturnya.

Sejauh ini tidak ada kerugian yang diderita bank milik pemerintah. Sebab pelaku gagal melakukan pembobolan. Namun demikian, pelaku harus mempertanggungjawabkan aksinya dna kini meringkuk di balik jeruji besi.