Pixel Code jatimnow.com

Akses Jalan Poros Desa Ambles di Lamongan, Hambat Hasil Panen

Editor : Rochman Arief Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Kondisi jalan yang menghubungkan Desa Bulutigo dan Laren di Kecamatan Laren, Lamongan bisa menghambat aktivitas petani yang sebentar lagi memasuki masa panen.
Kondisi jalan yang menghubungkan Desa Bulutigo dan Laren di Kecamatan Laren, Lamongan bisa menghambat aktivitas petani yang sebentar lagi memasuki masa panen.

jatimnow.com - Amblesnya jalan poros desa di Kecamatan Laren, Lamongan butuh penanganan cepat. Masalahnya jalan tersebut menjadi urat nadi aktivitas warga setempat yang mayoritas mengandalkan sektor pertanian.

Sejak ambles dua pekan lalu, jalan tersebut belum tersentuh perbaikan. Sejauh ini pihak pemerintah desa setempat hanya melarang pengguna roda empat (R4) melintasi jalan tersebut.

Rozim Arista, selaku Kepala Desa Bulutigo, Kecamatan Laren, mengungkapkan amblesnya jalan penghubung antara Desa Bulutigo dengan Desa Laren tersebut memengaruhi aktivitas para petani.

"Opsinya hanya dua, warga khususnya petani, harus memutar lebih jauh. Opsi kedua memindah satu per satu hasil panen menggunakan motor, untuk melalui jalan ambles kemudian dipindahkan ke R4. Ini memakan waktu dan prosesnya panjang," kata Rozim, Senin (16/1/2023).

Baca juga:
Tukang Becak Tambal Jalan di Lamongan, Kesepian sejak Istri Meninggal Dunia

Dijelaskan Rozim, kondisi ini banyak dikeluhkan warga desa lantaran jalan tersebut adalah akses tercepat menuju Kecamatan Laren bahkan Kota Lamongan.

"Karena jalan tidak bisa dilalui mobil, otomatis kami harus kerja ekstra untuk mengangkut hasil panen," paparnya.

Baca juga:
Ini Sosok yang Memotivasi Tukang Becak Tambal Jalan Berlubang Sendirian

Belum lagi, lanjut Rozim, mayoritas petani di Desa Bulutigo sudah memasuki masa panen. Sementara untuk mengangkut hasil panen dibutuhkan jalan penghubung yang memadai.

"Kami berharap agar Pemkab Lamongan untuk bisa segera memperbaiki jalan yang ambles ini agar aktivitas warga tidak terganggu," pungkasnya.