Pixel Code jatimnow.com

Marlung dan Marsus, Martabak Murah dengan Sensasi Barbar

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Zainul Fajar
Martabak balung (Marlung) dan martabak usus (Marsus). (Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)
Martabak balung (Marlung) dan martabak usus (Marsus). (Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bagi yang suka banget ngemil saat sore hari, kalian wajib mencicipi jajanan martabak yang satu ini. Bukan martabak manis maupun martabak asin, melainkan martabak balung dan martabak usus.

Martabak balung sering disebut Marlung, sedangkan Martabak Usus sering disebut dengan Marsus.

Balung dalam bahasa Indonesia artinya adalah tulang, menjadi jajanan yang cukup laris dan cocok banget disantap saat sore hari bareng keluarga.

Tidak seperti martabak pada umumnya yang berisi irisan daging, telur yang dibalut dengan adonan kulit martabak. Marlung dan Marsus diisi potongan tulang-belulang yang sudah dibumbui pedas serta potongan usus.

Secara ukuran, satu Marlung atau Marsus lebih kecil dari pada martabak asin atau manis. Namun secara rasa, jangan ditanya lagi. Sensasi krokot-krokot balung atau tulang-belulang akan kalian temukan apabila kalian membeli jajanan ini.

Baca juga:
Soto Legendaris Khas Kediri

Dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yakni hanya Rp1.500 hingga Rp2.000 per potong. Marlung dan marsus menjadi jajanan pedas yang laris dipasaran.

Di Sidoarjo, kalian dapat menemukan pedagang jajanan marlung dan marsus ini hanya sore hingga malam hari di sepanjang jalanan Pasar Sepanjang, Taman, Sidoarjo.

Nuril Haky warga sekitar mengatakan bahwa jajanan ini memang sudah ada sejak dulu. Menurutnya, banyak dari masyarakat yang ada di luar daerah Kecamatan Taman yang rela antri demi mendapat Marlung dan Marsus ini.

Baca juga:
Menikmati Masakan Madura Berbahan Jerohan dan Daging, Cus ke Bangkalan

"Rasanya enak dan cenderung pedas. Untuk Marlungnya itu kita bisa krokot-krokot balungannya karena bumbunya juga meresap. Harga juga sangat murah. Mangkanya nggak heran, warga luar kecamatan sini banyak yang rela sore pasti kesini cuman buat beli marlung," ujar Haky.

Jajanan pedas yang juga ramah di kantong tersebut wajib kalian icipi dan makan bareng dengan keluarga atau teman saat sore atau malam hari.