Pixel Codejatimnow.com

Sematkan Spirit Kebhinekaan, UHW Perbanas Gelar Festival Budaya Penutupan PMM 2

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Farizal Tito
Salah satu penampilan mahasiswa dalam penutupan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 2 Universitas Hayam Wuruk Perbanas. (Foto: humas UHW Perbanas for jatimnow.com)
Salah satu penampilan mahasiswa dalam penutupan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 2 Universitas Hayam Wuruk Perbanas. (Foto: humas UHW Perbanas for jatimnow.com)

jatimnow.com - Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 2 Universitas Hayam Wuruk Perbanas ditutup dengan festival budaya. 14 penampilan yang dipersembahkan oleh 41 mahasiswa pertukaran pelajar yang berasal 21 kampus dari seluruh Nusantara.

Penutupan PMM 2 ini digelar di kampus I UHW Perbanas, di Jalan Wonorejo Utara, Surabaya, Sabtu (21/1/2023).

Mereka menyuguhkan kreativitasnya, mulai dari tari khas daerah hingga adu ketangkasan untuk persembahan terakhir sebelum mereka kembali kampus dan daerah asalnya.

Rektor UHW Perbanas, Dr. Yudi Sutarso, M.Si., mengatakan salah tujuan utama kegiatan pertukaran ini adalah meningkatkan kesadaran kebhinekaan. Pasalnya, mereka berasal dari berbagai daerah berbeda dan disatukan melalu program Merdeka Belajar sehingga tetap bersatu.

”Di sini banyak mahasiswa menggunakan baju daerah dari asal mereka. Jadi meskipun kita berbeda-beda, tetapi tujuan kita sama," ujar Yudi.

Baca juga:
Seluruh Satuan Pendidikan di Kediri Terapkan Kurikulum Merdeka Mulai Tahun ini

Yudi menambahkan, mahasiswa Inbound dalam program PMM Batch 2 di UHW Perbanas ada 49 anak. Mereka berkuliah di Program Studi Sarjana Akuntansi, Sarjana Manajemen, dan Sarjana Ekonomi Syariah selama satu semester gasal Tahun Akademik 2022/2023.

"Selain belajar di sisi akademik, mereka juga mengenal budaya di Kota Surabaya dan Jawa Timur melalui kegiatan Modul Nusantara. Bahkan, mereka melakukan aksi peduli sosial kepada para korban erupsi Gunung Semeru," tambahnya.

Sementara itu Mahasiswa asal Universitas Victory, Sorong, Nouren J Pinontoan mengaku banyak hal baru yang didapat selama di UHW Perbanas dan Kota Surabaya.

Baca juga:
Tessa Cerdas, Solusi Bagi Pembuang Sampah Sembarangan

”Orang-orangnya ramah semua, kami pun juga disambut dengan baik. Kami juga enjoy menempuh kuliah satu semester ini,” kesan Nouren.

Saat tampil, Nouren bersama kelima temannya menyanyikan lagu Papua dalam Cinta. ”Nyanyian itu tentang keindahan Papua yang diperlihatkan orang-orang asli Papua. Lalu Tarian Kebangsaan, kami membawanya atas nama Papua sebagai bentuk apresiasi tempat tinggal kami di Papua Barat,” pungkas Nouren.

Menapaki Setengah Abad, SIER Komitmen Maju Berkelanjutan
Ekonomi

Menapaki Setengah Abad, SIER Komitmen Maju Berkelanjutan

"Di usia 50 tahun ini, SIER terus berupaya meningkatkan kinerja dan relevansinya, transformasi dan digitalisasi proses bisnis menjadi pilihan untuk memperbaiki pelayanan bagi seluruh tenant SIER," kata Didik.