Pixel Code jatimnow.com

Warga Ponorogo Diteror Monyet, Asalnya dari Sini

Editor : Rochman Arief
foto: tangkapan layar.
foto: tangkapan layar.

jatimnow.com - Warga Dukuh Karanggayam, Desa Trisono Babadan, Ponorogo diresahkan keberadaan seekor monyet liar yang selama tiga bulan berkeliaran. Sejauh ini belum diketahui asal muasal monyet tersebut, apakah binatang liar atau peliharaan yang lepas dari kandangnya.

“Sudah tiga bulan ini monyet itu meresahkan. Munculnya biasanya pagi atau sore hari,” ujar Jon Hawul, salah satu warga, Senin (23/1/2023).

Meskipun tidak sampai melukai warga, menurut Jon keberadaan monyet tersebut membuat warga resah. Masalahnya seluruh hasil kebun di belakang rumah para warga ludes.

Sebut saja pisang, pepaya, jambu hingga rambutan jadi sasaran monyet liar. Bahkan telur ayam kampung milik warga juga tak luput dari incaran monyet tersebut.

“Sekarang makan telur ayam kampung saya. Tidak sampai rumah, sih. Hanya di kandang ayam milik saya sudah habis dimakan,” imbuh Jon.

Baca juga:
Kendalikan Harga Beras, Bulog Ponorogo Gelar Operasi Pasar

Ia mengatakan bahwa monyet itu sering naik ke atap rumah warga yang mengakibatkan genteng-genteng melorot. Bila hujan turun, atap rumah menjadi bocor lantaran gentengnya ada yang melorot.

Sebetulnya, lanjut Jon, warga sudah mencoba menangkap atau mengusir monyet tersebut, namun gagal. Atas hal itu warga meminta bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Ponorogo.

Sejauh ini warga di Desa Trisono Babadan tidak ada yang memelihara monyet. Namun tidak tertutup kemungkinan monyet itu peliharaan yang kemudian lepas dari kandangnya.

Baca juga:
Puluhan Monyet Taman Mendit Datangi Permukiman, Pertanda Apa?

“Kalau liar kok ya gak mungkin. Soalnya pas divideo itu dia mau saja lho. Kayak peliharaan gak takut sama orang, kalau liar pasti sudah lari,” pungkasnya.

Ahmad Fauzani/jatimnow.com