Pixel Code jatimnow.com

Standar Pelayanan Minimal Kota Mojokerto Terbaik di Jatim

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Achmad Supriyadi
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari (Ning Ita) - (Foto: Dok. jatimnow.com)
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari (Ning Ita) - (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun 2022 di Kota Mojokerto menjadi kota terbaik dari hasil evaluasi Indeks Pencapaian SPM Nasional Pra Triwulan IV Tahun 2023.

Hasil evaluasi indeks ini dikeluarkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah-Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Kota Mojokerto meraih nilai rata-rata tertinggi dari kabupaten dan kota lain di Jawa Timur, yaitu sebesar 98,86 persen atau masuk kategori Tuntas Utama.

Capaian urusan tertinggi dicapai pada bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat yaitu sebesar 100 persen. Sedangkan untuk bidang pendidikan nilainya sebesar 99,81 persen, bidang kesehatan sebesar 97,83 persen, bidang trantibumlinmas sebesar 96,34 persen dan bidang sosial sebesar 99,20 persen.

Baca juga:
Gelar Penelitian di Kota Mojokerto, BRIN Audiensi dengan Ning Ita

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari (Ning Ita) mengatakan, capaian ini menjadi tambahan semangat bagi jajaran Pemkot Mojokerto dalam pemenuhan pelayanan dasar bagi masyarakat.

"Kita tidak boleh berpuas diri, karena sebagai kota terkecil se Jawa Timur atau bahkan se Indonesia, sudah sepatutnya capaian SPM kita harus lebih unggul dibandingkan daerah lain yang memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk lebih besar," terang Ning Ita, Rabu (25/1/2023).

Baca juga:
Jelang Pembangunan Taman Bahari Mojopahit, Ning Ita Audiensi Bersama Menparekraf

Ning Ita berharap, komitmen dan kerja sama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih ditingkatkan agar dapat menggenjot nilai SPM lebih bagus lagi.

"Yang sudah 100 persen harus kita pertahankan, yang belum ayo kita upayakan bersama agar mencapai nilai tersebut," pungkasnya.