Pixel Code jatimnow.com

Menteri Pertahanan Kunjungan Kerja ke Solo Disambut Gibran, Ternyata Ini Misinya

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Momen Prabowo bersama Gibran di Solo (Foto: Dok. Ricad for jatimnow.com)
Momen Prabowo bersama Gibran di Solo (Foto: Dok. Ricad for jatimnow.com)

jatimnow.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Solo. Kehadiran Prabowo disambut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Ditemani putra sulung Presiden Joko Widodo, agenda Prabowo kali ini dalam rangka menyerahkan motor dan alat komunikasi (Alkom) kepada bintara pembina desa (Babinsa) di Komando Rayon Militer (Koramil) Serengan 03 Solo.

Kepada wartawan Prabowo mengatakan, komando teritorial adalah tulang punggung pertahanan. Oleh karena itu, pemerintah di bawah Presiden Jokowi mengarahkan dirinya selaku Menhan untuk memberdayakan seluruh Komando Teritorial di Indonesia.

"Seluruh bintara pembina desa (Babinsa) Indonesia akan kita bekali dengan kendaraan motor dan alat komunikasi yang baru," kata Prabowo, dalam siaran resminya, Rabu (25/1/2023).

Baca juga:
Gerindra Surabaya Bangun Posko Pemenangan Prabowo di Krembangan

Prabowo juga mengungkapkan pemerintah telah membuat rencana untuk memperbaiki sejumlah kantor Komando Teritorial di seluruh Indonesia seperti Kodam, Komando Daerah Militer (Korem), Komando Distrik Militer (Kodim), Korambil hingga Babinsa.

"Boleh negara lain punya senjata yang hebat-hebat. Senjata yang kita juga miliki adalah cintanya rakyat kepada republik ini," ucap Prabowo.

Baca juga:
Prabowo Dijamu Makan Malam Menantu Jokowi, Menunya Pilpres 2024?

Prabowo di berbagai kesempatan selalu menekankan bahwa pertahanan negara Indonesia adalah konsep pertahanan keamanan rakyat semesta (Hankamrata), di mana Komando Teritorial menjadi ujung tombak. Dalam rangka menyukseskan Hankamrata itulah, Komponen Cadangan (Komcad) dibangun.

"Pertama kali dalam sejarah Indonesia, kita punya Komponen Cadangan dalam pemerintahan yang dipimpin pak Jokowi dan saya sebagai Menhan. Kita wujudkan perintah Undang-undang dan Undang-undang Dasar bawa pertahanan kita adalah pertahanan seluruh rakyat," pungkas dia.