Pixel Code jatimnow.com

Awal Tahun 2023, Universitas Hang Tuah Kukuhkan Dua Guru Besar Baru

Editor : Rochman Arief Reporter : Farizal Tito

jatimnow.com - Universitas Hang Tuah Surabaya mengukuhkan dua guru besar (gubes) baru dalam Rapat Terbuka Senat Akademik Universitas Hang Tuah Surabaya, di kampus Jalan Arief Rahman Hakim, Rabu (25/1/2023).

Dua guru besar yang dikukuhkan pada awal tahun 2023 ini adalah Prof. Dr. Noengki Prameswari sebagai guru besar ilmu orthodonsia di Fakultas Kedokteran Gigi. Satu lagi adalah Prof. Dr. Ninis Trisyani, yang menjadi guru besar ilmu perikanan, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan.

Rektor Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR memberikan ucapan selamat kepada kedua guru besar yang baru dikukuhkannya.

"Selamat dan Sukses untuk Profesor Dr. Noengki Prameswari., drg., M.Kes, dan Prof. Dr..Ninis Trisyani, M.P. Semoga keilmuannya bisa diterapkan, menjadi sebuah rujukan dunia pendidikan, serta dapat memberikan kontribusi manfaat bagi masyarakat sekitar, untuk kehidupan berbangsa, dan bernegara," ujar Prof Supartono.

Dia mengatakan jabatan guru besar identik dengan adanya satu pengakuan akan kopetensi akademik serta keilmuannya.

"Semakin banyak guru besar yang lahir, maka akan menunjukan semakin banyak pula pakar keilmuan yang ada dan dimiliki oleh Universitas Hang Tuah. Dan tentunya akan menghasilkan dampak yang lebih luas terhadap penilaian sebuah mutu dan kualitas sebuah perguruan tinggi," urainya.

Baca juga:
Keren! Mahasiswa PGSD Unusa Bikin Komik, Mau Tahu Tujuannya?

Menurutnya, menjadi gubes merupakan sebuah amanah dan gelar tertinggi dalam dunia pendidikan, sehingga setelah pengukuhan ini diharapkan adanya peran aktif serta kontribusi besar untuk kampus tercinta.

"Saya selaku rektor berharap keberadaan saudari berdua selaku insan cendikia akan tetap dapat memberikan keteladanan sekaligus dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar," harapnya.

Sementara itu, Prof.Dr.Noengki Prameswari., drg., M.Kes membacakan orasi ilmiah berjudul 'Nano teknologi dalam Physio-engineering delivering Drug dalam percepatan Fisiologi pergerakan gigi: Suatu tantangan dan prospek ke depan ortodonti di era 4.0'.

Baca juga:
Warga Surabaya Kunjungi Kampung Edukasi Sampah di Sidoarjo, Belajar Ini Sih!

Sedangkan Prof. Dr. Ninis Trisyani, M.P menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul 'Pemanfaatan Sumber Daya Moluska yang mendukung program pengembangan bidang pangan dan kesehatan'.

Diketahui acara prosesi pengukuhan tersebut juga dihadiri dan disaksikan perwakilan guru besar tamu kehormatan, Komandan STTAL, Direktur Sekolah Tinggi, dekan dan dosen serta kerabat dekat.