Pixel Codejatimnow.com

Gus Yani Lantik Dewan Kebudayaan Gresik, Seniman Wajib Lakukan Ini

Editor : Rochman Arief  Reporter : Sahlul Fahmi
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (kanan) melantik Dewan Kebudayaan Gresik, Jumat (27/1/2023) malam. (foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (kanan) melantik Dewan Kebudayaan Gresik, Jumat (27/1/2023) malam. (foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melantik Pengurus Dewan Kebudayaan Gresik (DKG) periode 2022-2025 di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Gresik, Jumat, (27/1/2023) malam.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Gresik ini melantik puluhan pengurus DKG yang diketuai oleh Irfan Akbar Prawiro.

Gus Yani, sapaan akrabnya, hadir didampingi Sekretaris Daerah, Achmad Washil Miftahul Rachman; Kepala Disparekrafbudpora Gresik, Saifudin Ghozali; Kasatpol PP, Suprapto; Kepala Bapedda, Misbahul Munir; anggota DPRD, Syaikhu Bushiri; dan Dewan Kehormatan DKG, Kris Adji AW dan Nur Faqih.

Dalam sambutannya, Gus Yani berharap kepengurusan DKG yang dilantik dapat memotivasi para seniman dan budayawan di Gresik, untuk bisa lebih berkembang dan maju. Apalagi dengan kehadiran GNI yang baru saja direnovasi bisa menjadi wadah bagi seniman dan budayawan untuk mempresentasikan karya-karyanya mulai dari seni rupa, seni pertunjukan, multi media dan lain sebagainya kepada khalayak.

Baca juga:
Kontes Bandeng Kawak 2024 Digelar, Bupati Gresik: Ini Tradisi Budaya

“Kami sangat mendukung kinerja pengurus DKG untuk memanfaatkan GNI sebagai sentra kesenian dan kebudayaan Kabupaten Gresik,” kata Gus Yani.

Sementara Ketua DKG Irfan Akbar Prawiro, optimistis bahwa DKG mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan dunia seni dan budaya Kabupaten Gresik. Apalagi dengan kondisi GNI yang saat ini cukup representatif untuk menggelar berbagai event kesenian, diharapkan gairah seniman dan budayawan lebih terpicu menghasilkan karya yang lebih baik.

Baca juga:
PLN Jaga Pasokan Listrik Aman Selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 H

“GNI bisa menjadi tempat titik temu seniman dan budayawan Gresik maupun kota-kota lainnya. Karena itu DKG akan berusaha menghidupkan GNI, minimal seminggu sekali akan ada event seni budaya yang akan ditampilkan,” ucap Irfan, yang juga pendiri komunitas Gresik Movie.

Dalam acara pelantikan ini juga ditampilkan beberapa pertunjukan seni mulai dari musik, tari, serta macapatan.