Pixel Codejatimnow.com

Mas Dhito Ajak Pengembang Bandara dan Tol Bahas Infrastruktur di Kediri

Editor : Rochman Arief  Reporter : Yanuar Dedy
Pertemuan Pemkab Kediri bersama PT Surya Dhoho Investama (SDHI) dan PT Surya Kertaagung Toll. (Foto : Humas Pemkab for jatimnow.com)
Pertemuan Pemkab Kediri bersama PT Surya Dhoho Investama (SDHI) dan PT Surya Kertaagung Toll. (Foto : Humas Pemkab for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten Kediri bersama PT Surya Dhoho Investama (SDHI) dan PT Surya Kertaagung Toll melakukan pembahasan terkait infrastruktur pendukung Bandara Dhoho Kediri yang rencananya akan beroperasi Oktober 2023.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, ada beberapa akses jalan pendukung yang akan dibangun. Yang menjadi prioritas yakni tol Kediri-Tulungagung dan Simpang Susun Bulawen di Kecamatan Banyakan.

"Simpang Susun Bulawen ini harapannya menjadi episentrum baru di Kabupaten Kediri," katanya, Kamis (2/2/2023).

Simpang Susun Bulawen dengan panjang 550 meter itu memberi pengaruh pada pertumbuhan daerah sekitar.

Pria yang lekat disapa Mas Dhito itu menegaskan Pemkab Kediri berkomitmen membangun infrastruktur pendukung bandara. Selain akses jalan, akan dibangun jembatan Jong Biru yang rencananya mulai dikerjakan Mei 2023, dan berkolaborasi bersama Kementerian PUPR, dengan anggaran Rp38 miliar.

"Itu menjadi komitmen kami dengan Kementerian PUPR memenuhi kebutuhan yang menjadi penunjang bandara," tegasnya.

Baca juga:
Ziarah ke Makam Bung Karno, Mas Dhito: Kita Teruskan Api Perjuangan Beliau

Selain infrastruktur yang menjadi prioritas, dalam pertemuan itu juga disampaikan rencana kegiatan peningkatan ruas jalan Gringging dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan anggaran sekitar Rp25 miliar.

Kemudian, peningkatan jalan PB Sudirman penghubung Banyakan-Tiron. Peningkatan ruas jalan ini, Pemkab Kediri mendapatkan Bantuan Keuangan (BK) dari Pemprov Jatim sebesar Rp10 miliar.

Jika terdapat sisa anggaran dari peningkatan jalan PB Sudirman, rencananya akan digunakan untuk peningkatan Jalan Jawa atau ruas Gringging-Tiron.

Baca juga:
Mas Dhito Dorong Petani Kediri Miliki Banyak Keterampilan

Direktur PT SDHI Maksin Arisandi dalam pertemuan itu menyampaikan progres pembangunan Bandara Dhoho Kediri sudah 72,41 persen atau masih sesuai jadwal untuk mencapai target operasional bandara di Bulan Oktober 2023.

Selain itu, pihaknya menyinggung mengenai aksesibilitas Bandara Dhoho Kediri. Menurut Maksin, ada kegiatan pengalihan jalan yang menjadi kewajiban SDHI untuk mengganti jalan yang terdampak langsung bandara, maupun jenis jalan yang dikerjakan untuk mempermudah aksesibilitas masyarakat sekitar bandara.