Pixel Codejatimnow.com

Khusus Besok! Perusahaan di Wilayah Ini Dilarang Beri Sanksi pada Karyawan

Editor : Rochman Arief  Reporter : Ni'am Kurniawan
Gubernur Khofifah Indar Parawansa. (foto: Humas Pemprov Jatim for jatimnow.com)
Gubernur Khofifah Indar Parawansa. (foto: Humas Pemprov Jatim for jatimnow.com)

jatimnow.com - Gubernur Jawa Timur memberikan kelonggaran bagi para pekerja maupun perusahaan di wilayah aglomerasi Surabaya Raya.

Kelonggaran khusus ini diberikan kepada karyawan yang terlambat kerja karena terkendala lalu lintas, yang berlaku pada Selasa 7 Februari 2023, atau bersamaan dengan puncak perayaan 1 Abad NU.

Kebijakan ini tertuang dalam SE Nomor: 800/1012/204.1/2023 tentang work from home (WFH) atau kerja dari rumah, bagi pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Timur saat pelaksanaan perayaan HUT NU yang dipusatkan di Sidoarjo. Pelarangan sanksi terhadap karyawan itu berlaku untuk wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, dan Malang.

"Bagi pimpinan instansi vertikal, Direktur BUMN/BUMD, dan pimpinan perusahaan, perbankan di wilayah Surabaya dan Aglomerasi Surabaya (Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kab/Kota Pasuruan, Kab/Kota Mojokerto dan Kab/Kota Malang), yang tetap mempekerjakan karyawannya secara WFO pada tanggal 7 Februari 2023 apabila terdapat keterlambatan kehadiran pegawai/karyawan dalam bekerja sebagai akibat pelaksanaan kegiatan peringatan 1 Abad Nadhlatul Ulama tingkat Nasional, agar tidak diberikan sanksi dalam bentuk apapun," bunyi kutipan SE tersebut dalam poin kedua.

Diprediksi, pada peringatan puncak 1 Abad NU jutaan nahdliyin dari seluruh dunia akan memadati Kabupaten Sidoarjo untuk mengikuti rangkaian acara.

Baca juga:
Pilgub Jatim 2024, PPP Rekom Khofifah-Emil sebagai Cagub dan Cawagub

Forkopimda baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota pun diterjunkan di momen bersejarah ini. Sementara bagi jamaah yang tidak memasuki area stadion, panitia juga telah menyebar 66 layar raksasa dan videotron di berbagai titik untuk dapat disaksikan secara langsung acara di atas panggung.

66 layar dan videotron tersebut antaranya berukuran 2,5x4, 3x5, dan 2x4 meter persegi yang akan dipasang di 6 titik, di luar area Gelora Delta Sidoarjo. Di antaranya adalah Jalan Pahwalan, kawasan Perumahan Pondok Mutiara, Jalan Ponti, kawasan Taman Pinang, area parkir timur GOR, dan di Pendopo Pemkab Sidoarjo.

Selain itu, untuk mempermudah siaran langsung yang menghubungkan antara panggung utama dengan videotron, pihak Diskominfo Kabupaten Sidoarjo menyediakan 21 titik jaringan internet yang tersebar di beberapa titik.

Baca juga:
Nama KH Marzuki Muncul di Survei Pilgub Jatim 2024, Ini Respons PKB

"Ada enam rangkaian penting dalam resepsi puncak hari lahirnya Nahdlatul Ulama di antarnya lailatul qiro’ah, salawat 1 Abad NU, resepsi 1 Abad NU bersama Presiden dan Ulama sedunia, NU Ethnic Carnival (karnaval kebudayaan), pergelaran budaya dan seni hiburan rakyat dan bazar UMKM," ucap Sekjen Panitia Umum 1 Abad NU, Abdul Hakam Asqof.

Selain itu, bagi karyawan di lingkungan Pemprov Jatim, Gubernur Khofifah memberikan kelonggaran juga berupa work from home (WFH)