Kapolda Jatim MoU dengan BRI, Lulus Bintara Polri Bisa Beli Rumah

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin dalam acara penandatanganan MoU dengan Bank Rakyat Indonesia

jatimnow.com - Anggota Polri-termasuk yang baru lulus pendidikan bintara Polri, maupun ASN (aparatur sipil negara) Polda Jatim, bisa membeli rumah dengan KPR yang disediakan oleh Bank BRI. Kemudahan ini didukung oleh penandatangan kerjasama (MoU) antara Kapolda Jatim dan bank BRI.

"Kita harapkan BRI mendukung kebijakan Kapolri, mendukung kebijakan pemerintah, memberikan kemudahan dalam memperoleh perumahan bagi anggota," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin kepada wartawan usai Penandatangan nota kesepahaman PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk pembiayaan rumah anggota Polri dan ASN Polri Jatim, di Hotel Sheraton Surabaya, Kamis (9/8/2018).



Kapolda mengatakan, sangat sedikit Polri menyediakan asrama-asrama bagi anggota Polri.

"Makanya itu, diberikan fasilitas BRI untuk mendapatkan perumahan dengan bekerjasama dengan pihak REI, pihak pengembang untuk anggota mendapatkan perumahan yang layak lah," tuturnya.

Karena ketertidaktampungan anggota, kata Machfud, makanya Kapolri ingin memberikan kesejahteraan bagi anggota dengan cara menyediakan perumahan dengan fasilitas  Asabri memberikan uang muka, ditambah subsidi dari pemerintah Rp 4 juta.

"Jadi tinggal nyicil (mengangsur) saja. Kita berharap, perumahan-perumahan yang tidak terlalu jauh dengan kantor dimana dia dinas. Misalnya, paling maksimal 20 menit lah (perjalanan dari rumah ke kantor). Misalnya di Bojonegoro, jangan jauh-jauh lah dari Polres Bojonegoro," tuturnya sambil menambahkan, hari ini kapolda meletakkan batu pertama untuk pembangunan perumahan bagi anggota di wilayah Kota Madiun.

Tipe rumah bagi anggota maupun ASN Polri yakni tipe 36.

"Saya berharap dalam tahun ini bisa tercapai sekitar 1.000 sampai 2.000 rumah," jelasnya.



Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BRI Surabaya Yaya Supriyana menyambut baik MoU Polda Jatim dan BRI.

"Ini memang program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. nah, kita sebagai salah satu bank BUMN yang memang harus berkontribusi positif terhadap program ini," kata Yaya.

Katanya, anggota Polri yang baru lulus pendidikan bintara pun bisa memiliki rumah.

"Jadi nanti rekan-rekan kepolisian yang baru lulus bintara misalnya, bisa juga mendapatkan fasilitasnya ini. Karena jangka kreditnya bisa sampai 30 tahun," terangnya.

Reporter: Jajeli Rois
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter