Pixel Codejatimnow.com

Kirab Kebangsaan, Cara PKB Jatim Meriahkan Puncak 1 Abad NU

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ni'am Kurniawan
Kirab Kebangsaan dari kantor DPW PKB Jatim, Jalan Gayungsari, Surabaya. (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Kirab Kebangsaan dari kantor DPW PKB Jatim, Jalan Gayungsari, Surabaya. (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - DPW PKB Jawa Timur menggelar Kirab Kebangsaan dengan rute Graha Gus Dur Surabaya hingga Monumen Jayandaru, Alun-Alun Sidoarjo pada Senin (6/2/2023).

Kirab kebangsaan yang diikuti 500 warga ini adalah rangkaian perayaan 1 Abad NU yang digelar DPW PKB Jatim.

Ketua PKB Jatim Abdul Halim Iskandar menyampaikan rasa syukurnya Nahdlatul Ulama (NU) telah masuk usia ke-100. Ia mendoakan puncak resepsi satu abad NU berjalan lancar.

"Jadi rangkaiannya banyak, selain DPW PKB Jatim, DPC, PAC se Jatim semua melakukan kegiatan bergembira, bersyukur bahwa NU masuk usia satu abad. Sekaligus kami mendoakan untuk warga NU yang mengikuti rangkaian peringatan satu abad NU diberi kesehatan, keberkahan, diberi keselamatan baik dari luar provinsi maupun dari Jatim," kata Halim,, Senin (6/2/2023).

Politikus yang akrab disapa Gus Halim ini mengatakan PKB sebagai bagian dari NU akan melayani warga NU dalam setiap aspek kehidupan, termasuk aktif memberikan pelayanan saat acara resepsi satu abad NU.

"Sekarang waktunya PKB untuk bergerak semaksimal mungkin melayani warga NU dan seluruh warga umat manusia. Jadi Prinsipnya bagaimana PKB yang 25 tahun ikut melakukan khidmat sebagaimana khidmat NU kepada umat. Jadi PKB bagian dari NU, tentu tugasnya melalui jalur politik melalukan tugas jami'yah NU," tegasnya.

Gus Halim yang juga Mendes PDTT ini menegaskan tidak ada perdebatan kembali soal PKB adalah anak dari NU. Sebab, secara historis dan kelengkapan berkas, PKB memang dilahirkan oleh NU.

Baca juga:
Nama KH Marzuki Muncul di Survei Pilgub Jatim 2024, Ini Respons PKB

"Nggak usah ada penegasan, kita nggak usah berdiskusi tentang PKB anak kandung NU, karena itu sudah historisnya. Kita nggak usah berdiskusi soal itu, semua dokumen ada dan surat-surat resmi PBNU ada ditandatangani oleh Ketum PBNU dan Rais Aam PBNU," jelasnya.

"Itu dokumen sejarah yang menjadikan kita nggak perlu berdebat nggak usah berdiskusi, PKB akan bergerak semaksimal mungkin melayani warga NU," tandasnya.

Dalam Kirab Kebangsaan ini, para pengurus DPW PKB Jatim juga memberikan santunan kepada anak yatim, para ojek online perempuan, dan disabilitas.

Baca juga:
Kata Thoriqul Haq soal Isu Gandeng Risma Maju Pilgub Jatim 2024

Pada Selasa (7/2/2023) besok, PKB Jatim telah menyiapkan stand untuk berbagi makanan dan minuman gratis bagi jamaah warga Nahdliyin yang akan mengikuti puncak 1 Abad NU dengan mendirikan tenda sebanyak 5 titik sekitar Gor Sidoarjo.