Pixel Codejatimnow.com

Juara Rumah Sehat, Serda Purwono Sulap Rumdin Jadi Hunian Berkonsep Lingkungan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Serda Purwono bersama keluarga ditemani beberapa anggota Persit. (Foto : Humas Kodim Lamongan for jatimnow.com)
Serda Purwono bersama keluarga ditemani beberapa anggota Persit. (Foto : Humas Kodim Lamongan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Anggota Kodim 0812 Lamongan, Serda Purwono berhasil menyulap rumah dinasnya (Rumdin) menjadi hunian asri berkonsep lingkungan.

Pekarangan rumah dinas Serda Purwono itu tampak sejuk dengan keberadaan berbagai tanaman hias lengkap dengan sayur mayur. Halaman pun ditata rapi dengan pagar yang berjajar rapi memutari pekarangan.

Atas usahanya itu, Serda Purwono menjuarai lomba Rumah Sehat yang digalakkan Kodim 0812 Lamongan, sekaligus menjadi contoh dan inspirasi bagi anggota lain menciptakan hunian rumah sehat.

"Ini bisa menjadi contoh bagi para prajurit maupun Persit (persatuan istri) Kodim 0812 Lamongan. Harapan kami dari contoh rumah sehat yang ada bisa jadi pedoman dan contoh bagi para anggota," ungkap Dandim 0812 Lamongan, Letkol Endi Siswanto, Kamis (16/2/2023).

Rumah dinas yang ditinggali Serda Purwono bersama keluarga itu juga memenuhi aspek kriteria rumah sehat antara lain, kebersihan, sarana dan prasarana sanitasi, budaya membuang sampah.

Baca juga:
Pameran Pendidikan Lamongan Digelar untuk Tumbuhkan Kreativitas Pelajar

Rumah dinas Serda Purwono yang tampak asri dan bersih dengan berbagai tanaman. (Foto: Kodim Lamongan for jatimnow.com)Rumah dinas Serda Purwono yang tampak asri dan bersih dengan berbagai tanaman. (Foto: Kodim Lamongan for jatimnow.com)

"Ya ada 5 kriteria rumah sehat, meliputi kebersihan dan kebiasaan budaya dan peran menjaga lingkungan," urainya.

Baca juga:
Demo Tolak RUU Penyiaran di Lamongan, Jurnalis Jalan Mundur

Letkol Endi juga berharap kepada penghuni rumah dinas supaya menjaga kebersihan dalam maupun luar rumah agar kesehatan keluarga tetap terjaga serta mampu menciptakan suasana yang sejuk, menyenangkan, indah dan harmonis.

"Dengan adanya Lomba Rumah Sehat ini diharapkan kepada seluruh anggota TNI maupun Persit mampu menjaga kebersihan rumahnya masing-masing dan sekitarnya sebagai upaya menjaga kesehatan keluarga dan disamping itu untuk memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah dengan menanami tanaman sayur-sayuran maupun apotik hidup sehingga bisa membantu kebutuhan rumah tangga sehari hari untuk menghemat belanja," ujar Letkol Endi.